Kepribadian Tokoh dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari

linda R. Bahu, Muslimin Muslimin, Munkizul Umam Kau

Abstract


Tujuan penelitian mendeskripsikan kepribadian tokoh pada novel Entrok karya Okky Madasari di lihat dari aspek id, ego dan superego. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra yang mengkaji tentang kepribadian tokoh dengan menggunakan teori Sigmund Freud yang meliputi Aspek id, ego dan superego. Metode penelitian ini adalah Metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa, (1) kepribadian tokoh Marni dalam novel Entrok karya Okky Madasari dilihat dari aspek id, ego dan superego. (2) kepribadian tokoh Rahayu dalam novel Entrok karya Okky Madasari dilihat dari aspek id, ego dan superego. (3) kepribadian tokoh Simbok dalam novel Entrok karya Okky Madasari dilihat dari aspek id, ego dan superego. (4) kepribadian tokoh Teja dalam novel Entrok karya Okky Madasari dilihat dari aspek id,ego dan superego.

Keywords


Psikologi Sigmund Freud, Kepribadian, Novel, Entrok.

Full Text:

PDF

References


Amien Saiful. 2012. Aqidah dan Ibadah. Indonesia. UMMPress.

Minderop Albertine. 2011. Psikologi Sastra (Karya Sastra, Metode, Teori, dan contoh Kasus). Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nugriyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Universty Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Pnelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.https://scholar.google.co.id

Salfia, Nining. 2015. Nilai Moral Dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro.Jurnal Humatika. No. 15, Vol. 3. https://scholar.google.co.id (diakses tahun 2020)




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i1.17326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: