STRUKTUR DAN ANALISIS BAHASA DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 PADANG

Putri Ajusti Zalmi, Abdurahman Abdurahman

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan penggunaan struktur dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan penggunaan diksi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Ketiga, mendeskripsikan penggunaan ejaan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Padang. Data dalam penelitian ini ialah kesalahan berbahasa dalam teks deskripsi. Sumber data yang digunakan yaitu teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 30 teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik penganalisisan data pada penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mengidentifikasi gambaran umum data yang dianalisis sekaligus kode data, serta gambaran umum data; (2) mengklasifikasikan data dan menganalisis berdasarkan aspek yang akan diteliti, yaitu struktur teks deskipsi, analisis bahasa dari dua aspek, yaitu diksi dan ejaan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang; (3) membuat laporan dan menyimpulkan deskripsi data. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih banyaknya penggunaan struktur, diksi, dan ejaan yang tidak tepat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang.


Keywords


Struktur; Analisis Bahasa; Teks Deskripsi

References


Dalman. (2014). Ketarampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ekowati, Ainiyah, dan Farah Kamalia. (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Smp Plus Al-Watasi Caringin Bogor. Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1.

Emzir. (2012). Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadly, Ahmad, et al. (2020). Analisis Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Farhani, I. R. (2015). Analisis Kesalahan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Kurikulum.

Harsiati, dkk. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartuti, Sri, et, al. (2017). Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2.

Keraf, Gorys. (2002). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Putaka Utama.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mardianti, Wibowo. Dan Karim. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pena, Vol. 6, No. 2.

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Edist Revisi). Bandung: PT. Remaja.

Moleong, Lexy. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Posida Karya.

Mustakim. (2015). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutaqim, Bambang Hartono dan Santi Tri Utami. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide)dengan Media Skema Barang Kenangan Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6, No. 1.

Purbania, Basyaroh, Muhammad Rohmadi, dan Budhi Setiawan. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 8 No. 1.

Rahmadani, Meli. (2022). Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol. 7, No. 2.

Slamet, St.Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfeberta.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i2.19304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: