PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII MTs AL-KHAIRAT KOTA GORONTALO

Nancy Katili, Wenny Hulukati, Abdul Hamid Isa

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran bagi peserta didik agar secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Proses pembelajaran matematika memerlukan pemikiran yang luas serta pemahaman yang baik dalam proses memecahkan masalah. Siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal cerita pada materi SPLDV karena, biasanya siswa hanya mengahafal rumus, jadi ketika soal yang diberikan berbeda dengan contoh siswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. masalah pokok yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, untuk itu peneliti merumuskan masalahnya, sebagai berikut: Bagaimana mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan model problem based learning yang baik untuk materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-Khairat Kota Gorontalo? penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau disebut juga Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan Four-D (4-D) yang terdiri dari define, design, develop, and disseminate. (1) Tahapan define terdiri dari tahap yaitu         tahap analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis perumusan tujuan pembelajaran, (2) Tahapan design atau perancangan terdiri dari 4 tahapan yaitu  perancangan awal LKS, pengunaan langkah-langkah model pembelajaran PBL dalam bahan ajar LKS, penyajian bahan ajar LKS atau draft 1 dan terakhir menyiapkan angket penilaian validator ahli serta penilaian angket respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar                 LKS, (3) Tahapan develop atau pengembangan terdiri dari 4 tahap, pada tahap pertama adalah pembuatan bahan ajar LKS di Microsoft Word 2020, selanjutnya adalah penilaian ahli yang terdiri dari 4 dosen dan 3 guru matematika, setelah penilaian validasi akan dilakukan perbaikan atau revisi bahan ajar LKS sesuai saran dari para validator ahli agar bahan ajar layak untuk digunakan dan dapat di uji cobakan pada kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 orang siswa MTs Al-Khairat Kota Gorontalo.

Keywords


pengembangan, bahan ajar, LKS, model PBL, gorontalo

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 Nomor 1, Jakarta, 2003, h.1

II Billy Suandito,”Bukti Informasi dalam Pembelajaran Matematika”, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.8, No.1, 2017, h.13

III Kusrini, dkk, “Strategi Pembelajaran Matematika”, (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014), Edisi ke-2, h.4

IV OECD PISA. PISA 2018 Result (Volume I): What Student Know and Can Do, Paris: OECD Publishing. 2019, p.78

V Suraji, Maimunah, Sehatta Saragih, “Analisis Kemampuan Pemecahan Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDV)”, Suska Journal of Mathematics Education, Vol.4 No.1, 2018, h.11

VI Anggita Tri Indahsari, Aflich Yusnita Fitrianna, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan SPLDV”, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol.2 No.2, 2019, h.78

VII Rahmita Yuliana Gazali, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel”, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.11 No.2, 2016, h.183




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i2.20190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: