Analisis Semantik Leksikal dan Gramatikal Pada Lirik Syi’ir “Al ‘I'tiraf” Karya Abu Nuwas

Rahmat Hidayat, Hestyana Widya Pangesti

Abstract


Puisi atau Syi’ir dianggap karya sastra yang indah dari pilihan diksi yang disuguhkan pengarang. Syi’ir sudah ada sejak peradaban Romawi dan Arab. Puisi arab merupakan sastra lisan yang masih dijumpai hingga kini. Menariknya terdapat pesan tersirat dan tersurat dalam suatu syi’ir atau puisi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi makna leksikal dan makna gramatikal pada diksi syi’ir Al-I’tiraf karya Abu Nuwas. Serta untuk mengetahui pengelompokan kata yang bermakna leksikal dan gramatikal. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca berulang, mencatat dan mengelompokkan data. Teori yang penulis gunakan yaitu makna leksikal dan gramatikal Semantik. Hasil penelitian menemukan pilihan kata benda lebih banyak mengandung makna leksikal dan gramatikal dari pada kata kerja dan kata sifat. Makna gramatikal pada Syi’ir Al-I’tiraf menggambarkan ketidakberdayaan manusia sebagai pendosa dan keagungan tuhan sebagai pengampun dosa.

Keywords


Syi’ir; Semantik; Al-I'tiraf; Makna Leksikal; Makna Gramatikal

Full Text:

PDF

References


Al-Mahfudzot Muqarrar li as-Saffi al-Awwal. (2007). Ponorogo: Darussalam Gontor.

Ananda, S. D. (2023). Syair Al-I’tirof Karya Abu Nawas dalam Perspektif Filsafat Bahasa. JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA, 13(1).

Fahrizal, L. M. R., & Tasnimah, T. (2022). Kajian Intertektualisasi Syair Puisi I’tirof Karya Abu Nawas Dengan Lagu Andai Ku Tahu Karya Ungu Band (Analisis Sastra Bandingan). Jurnal Al-Fathin, 5(2).

Fathoni, H. (2012). Gaya Bahasa Dalam Syair “Al-i’tiraf” Karya Abu Nuwas: Sebuah Analisis Stilistik. Jurnal At-Ta’dib, 7(2).

Fitri, A., Anggraeni, & Widyaruli, A. (2017). Semantik Konsep dan Contoh Analisis. Malang: Madani.

Keraf. Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Khusna, A. M. (2018). Asy-Syi’ru Al-’Arabiy Abad ke-8: Analisis Stilistika Pada Syair Abu Nawas dan Imam Syafi’i. Jurnal Diwan, 4(1).

Mansoer, P. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Parera, J. D. (2004). Teori Semantik (Edisi 2). Yogyakarta: Erlangga.

Saifullah, A. R. (2018). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara.

Salsabila, G., & Indrawati, D. (2022). Analisis Semantik Leksikal Pada Lirik Lagu Dalam Album “Manusia” Karya Tulus. Jurnal Sapala, 9(3).

Stephen, U. (2012). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i1.23077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: