DAMPAK NEGATIF DARI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP GAYA BAHASA MASYARAKAT

Muslimin Muslimin, Sri Aditya Datunggu, Anisa Lamakaraka

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh penggunaan TikTok terhadap gaya bahasa masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan analisis konten dari berbagai sumber terpercaya yang mencakup literatur, studi kasus, serta pandangan pakar dalam bidang psikologi, sosiologi, dan komunikasi. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan TikTok telah menyebabkan perubahan dalam gaya bahasa masyarakat. Fenomena ini dapat dilihat dari penurunan kemampuan mengekspresikan diri secara tertulis dengan benar, penyalahgunaan kata-kata atau frasa tertentu, dan penggunaan singkatan atau jargon yang tidak lazim dalam percakapan sehari-hari. Lebih lanjut, penggunaan TikTok juga telah mempengaruhi keterampilan komunikasi interpersonal, di mana beberapa pengguna cenderung lebih memilih komunikasi singkat dengan memanfaatkan audio atau video pendek, daripada berkomunikasi secara verbal atau tertulis dengan detail. Selain itu, penggunaan TikTok secara berlebihan juga telah memunculkan tren penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak pantas. Konten yang tidak terfilter dengan baik di platform ini dapat memengaruhi pemahaman pengguna terhadap norma-norma bahasa yang sesuai dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini juga menyoroti perlunya kesadaran akan dampak dari penggunaan media sosial, khususnya TikTok, terhadap gaya bahasa masyarakat. Upaya pendidikan dan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menggunakan bahasa dengan tepat dan sopan perlu ditingkatkan, baik di lingkungan pendidikan formal maupun oleh platform-media sosial itu sendiri.


Keywords


tiktok, media sosial, gaya Bahasa, remaja

Full Text:

PDF

References


Aji, Wisnu Nugroho. “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 431 (2018): 431–40.

Arrofi, A, and N Hasfi. “Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak KetikaMenyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok.” Interaksi Online 7, no. 3(2019):

Gunandha, Reza. “Ustaz Maaher: Main TikTok Haram, Penggunanya Pelacur Dan Bencong.” Suara.Com, November 2020.

Harrison, Helena, Melanie Birks, Richard Franklin, and Jane Mills. “Case Study Research: Foundations and Methodological Orientations.” Forum Qualitative Sozialforschung 18, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17169/fqs-18.1.2655.

Hartaji, R. Damar Adi. “Jurusan Pilihan Orang Tua R . Damar Adi Hartaji , S . Psi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Menurut Woolfolk Pengertian Motivasi Berprestasi Sebagai Suatu Keinginan Untuk Berhasil , Berusaha Kera

Nurrahmi, Febri, and Puteri Farabuana. “Efektivitas Dakwah Melalui Instagram.” Nyimak: Journalof Communication 4, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326.

Pebrianto, Fajar. “Harapan Sandiaga Uno Untuk 30,7 Juta Pengguna TikTok Di Indonesia.” TEMPO.CO, 2021. https://bisnis.tempo.co/read/1428311/harapan- sandiaga-uno-untuk-307-juta-pengguna-tiktok-di-indonesia/full&view=ok.

Riza, Angga. “Viral Video TikTok Remaja Di Bali Diduga Hina Islam, Akhirnya Minta Maaf.” DetikNews, September 2020. https://news.detik.com/berita/d- 5180516/viral-video-tiktok-remaja-di-bali-diduga-hina-islam-akhirnya-minta- maaf.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta, 2014.

Taubah, Miftachul. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam.” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 57–66.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i3.24479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: