ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 2 WANGGARASI SEBAGAI SEKOLAH PENGGERAK

Udin Prasetia, Sayama Malabar, Sitti Rachmi Masie

Abstract


SMP Negeri 2 Wanggarasi merupakan salah satu sekolah yang terpilih sebagai satuan pendidikan penyelenggara program sekolah penggerak angkatan kedua yang mengimplementasikan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pengimplementasian kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Wanggarasi sebagai Sekolah Penggerak. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan fenomenologi.Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, siswa dan komite SMP Negeri 2 Wanggarasi. Fokus penelitian ini yakni apa yang dialami oleh subjek dan bagaimana memahami pengalamannya tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara yang mendalam terhadap subjek penelitian, observasi partisipan, dan penelusuran dokumen. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan prosedur melalui pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian yang yaitu pengimplementasian kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Wanggarasi sebagai sekolah penggerak diperoleh gambaran nyata tentang: 1. Alasan yang melatarbelakangi penerapan kurikulum merdeka; 2. Bentuk penerapan kurikulum merdeka; 3. Desain kurikulum merdeka di sekolah; 4. Kegiatan yang terlaksana terkait pengimplementasian kurikulum merdeka; 5. Keterlibatan guru dan tenaga kependidikan; 6. Respon dan bentuk keaktifan siswa; 7. Potensi yang dimiliki terkait pengimplementasian kurikulum merdeka; 8. Tantangan yang dihadapi; 9. Keterlibatan orangtua, komite sekolah, pengawas sekolah dan dinas pendidikan; 10.  Manfaat dan perubahan nyata setelah pengimplementasian kurikulum merdeka.

Keywords


SMP Negeri 2 Wanggarasi, sekolah penggerak, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Hamalik, Oemar. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurani, Dwi et al. (2022). Buku Saku Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud.

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19-24.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Satria, Rizky et al. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek RI.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Tim Kemdikbud (2020). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud RI.

Tim Penyusun PSP. (2020). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Pusat Penelitian dan Kebijakan Balitbang dan Perbukuan Kemdikbud.

Sumber referensi:

https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6#:~:text=(1)%20Setiap%20warga%20negara%20yang,jawab%20terhadap%20keberlangsungan%20penyelenggaraan%20pendidikan. (Diakses 23 Nopember 2022 pukul 09.00 WITA).

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Salinan%20PP%20Nomor%2057%20Tahun%202021.pdf (diakses 23 Nopember 2022 pukul 10.00 WITA)

https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home (Diakses 23 Nopember 2022 pukul 16.00 WITA).

https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home (Diakses 23 Nopember 2022 pukul 16.00 WITA).

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/Chome/profil/A003E9D0-6585-E111-8B18-3719698C332E (Diakses 23 Nopember 2022 pukul 17.00 WITA).




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i1.24605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: