ANALISIS MAKNA DAN GAYA BAHASA DALAM PUISI AKU INGIN KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

Rivaldi Ngiu, La Ode Karlan

Abstract


Penelitian ini adalah "Analisis Makna dan Gaya Bahasa dalam Puisi Aku Ingin Karya Sapardi Djoko Damono”. Tujuan penelitian adalah menganalisis makna dan gaya bahasa yang terkandung dalam puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian terhadap puisi “Aku Ingin” menggunakan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian puisi "Aku Ingin" menggunakan gaya bahasa atau majas personifikasi. Majas personifikasi adalah gaya metafora khusus karena mengacu pada benda mati seolah-olah berbicara, atau bertindak bagaikan manusia. Dan makna yang terkandung adalah bahwa seseorang mencintai kekasihnya dan membuktikan cintanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan pengorbanan. Karena cinta diukur dengan pengorbanan, bukan dengan kata-kata. Perasaan cinta tentunya milik mereka yang terus berdiri di samping kita dan mendukung kita. Puisi Sapardi Djoko Damono "Aku Ingin" ditulis pada tahun 1989 dengan tema cinta. Cinta sang penulis begitu sederhana, kata-katanya begitu sederhana, namun menciptakan karya seni yang begitu bermakna.

 


Keywords


Analisis, makna, gaya bahasa, puisi, sapardi

Full Text:

PDF

References


Felta, L. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). Osf.io , 1.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya Fadli Zon. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya .

Mabruri, Z. K. (2020). Kajian Tipografi Puisi-Puisi Indonesia. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia .

Nababan, V. D., Diman, P., & Cuesdeyeni, P. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya .

Yono, R. R. (2020). Personifikasi dalam Novel Nyai Gowok Karya Budi Sardjono. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .

https://fajrimuhammadin.staff.ugm.ac.id/2013/06/15/aku-ingin-by-sapardi-djoko-damono-maksud-sampeyan/




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i3.24609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: