PENERAPAN METODE RHYTHM SYLABLES PADA PEMBELAJARAN POLA RITME DI SMAN 1 TELAGA BIRU

Siti Ayisa Adeliani Thaib, La Ode Karlan

Abstract


Dalam pembelajaran musik, ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan peserta didik belum mampu memainkan pola ritme dengan baik, sehingga peserta didik hanya memiliki aspek pengetahuan semata, tanpa memiliki tingkat keterampilan yang baik. Dari fenomena tersebut, maka ditemui dalam  proses pembelajaran beberapa permasalahan dalam yakni kurang tercapainya tujuan pembelajaran yang disebabkan oleh waktu pembelajaran yang  terbatas, metode pembelajaran yang kurang efektif, dan kurangnya interaksi guru dan peserta didik. Penerapan metode Rhythm Syllables yang menggunakan tahapan kecil seperti memperkenalkan symbol ritme dengan menggunakan suku kata. Pada pelaksanaanya metode ini bertujuan untuk menghilangkan kesulitan kepada peserta didik dalam membaca ritme suatu karya musik. Dari hasil pembelajaran yang dilakukan, menunjukan bahwa proses pembelajaran melalui metode rhythm syllables sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dari sejumlah siswa yang belajar pola ritme, hampir semua telah berhasil dalam membacara pola ritme dengan menggunakan suatu karya musik.


Keywords


penerapan, metode, Rhythm Syllables, Pola Ritme, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agung Dwi Putra 2021. Silabes Ritmis: Pelafalan Alternatif dalam Pembelajaran Musik. Journal of music science, Technology, and Industry. Vol 4 (No. 2): 256

Hidayatullah, Riyan 2019, Pendidikan musik. Padang: CV. Rumahkayu Pustaka Utama

Hidayatullah, Riyan 2019. Bahasa musik dalam pembelajaran: Metode Kodaly sebagai alat untuk berkomunikasi dalam ansambel. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 20 (No. 1) : 25-34

Houlahan, Micheal Dkk 2015. Kodaly in the third class room. Oxford Univesity. Publishing Worldwide

Hugh M. Miller, 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta. Thafa Media Yogyakarta Madjid, Abdul 2017, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Nazara,Lukas,Otodogo. 2018. Aspek-Aspek Metode Kodaly pada Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Pangestu, Setya 2021. Analisis Pola Ritme Pada Mars Patriot Olahraga Karya Melky Goeslaw dan Ichbal Assegaf Dalam Bentuk Marching Band. Jurnal Repertoar. Vol 2 (No. 2): 182

Prabowo Adji, 2011. “Pemanfaatan media dalam pembelajaran seni musik di SMP Negeri kota Kudus”

Ridwan, 2016. Pembelajaran Seni Musik Tematik Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Vol. 2 (No 2) : 20

Rusni, Dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Pola Ritme Notasi Balok dengan Metode Drill Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 5 (No. 12): 13




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i1.24616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: