GELANGGANG SENI PERTUNJUKAN WUJUD INOVASI PENGUATAN IDENTITAS NASIONAL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Nurlia Djafar

Abstract


Tujuan utama penerapan pendekatan multikultural di tingkat nasional hendaknya dititikberatkan pada pemahaman dan penghargaan peserta didik terhadap budayanya sendiri dan budaya orang lain, mencakup agama, berlandaskan semboyan bhinneka tunggal ika serta Pancasila. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hasil pembelajaran seni baik dibidang kelimuan tari, musik dan drama berbasis kearifan lokal dan sebagai penguatan hasil nilai-nilai multikultural mahasiswa S1 Pendidikan Seni, Drama Tari dan Musik Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo melalui wadah pagelaran Gelanggang Seni Pertunjukan. Gelanggang Seni Pertunjukan adalah wujud inovasi Jurusan Pendidikan Sendratasik event tahunan yang di adakan di panggung Jurusan Sendratasik. Menampilkan keseluruhan hasil mata kuliah karya-karya mahasiswa dan mengundang beberapa penampilan seni budaya paguyuban yang terdapat di provinsi Gorontalo. Pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal memiliki peran yang strategis untuk memperkuat identitas bangsa melalui eksplorasi dan elaborasi nilai-nilai budaya lokal. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan warga negara yang memiliki kesadaran kewarganegaraan multikultural. Penguatan identitas nasional melalui pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal dapat dilakukan melalui integrasi pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal dalam desain kurikulum. Menambah wawasan pengetahuan akan adat istiadat, budaya dan seni tradisi yang berkembang di Gorontalo dan di luar Pulau Sulawesi. Mengapresiasi seni tari Nusantara, mengetahui asal usul, makna, kostum dan busana menjadi pengetahuan kebudayaan yang universal. Sehingga tujuan yang diharapkan dalam UU tentang pendidikan multikultural tepat sasaran sesuai pelaksanaannya.

Keywords


Gelanggang Seni Pertunjukan, Pendidikan Multikultural, Kearifan Lokal, Sendratasik

Full Text:

PDF

References


Arbi Ntan Era Komala (2022), Menggali Nilai Multikultural Dalam Pelatihan Tari Pada Program Gubuk Nusantara di Teluk Sebong Kepulauan Riau Indonesia. INDOESIAN JOURNAL of Performing Arts Education 02(02), 16-22 Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/IJOPAED/article/view/7329

Dewantara, H. (2013). Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka (Bagian II: Kebudayaan) (M. L. P. T. Siswa, Ed.). Yogyakarta: UST Press.

Fida, A. N. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sosiologi SMA. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila: Jurnal PPKN Dan Hukum, 11(2), 46–65. Retrieved from https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5158

Kurniawan, D. F. (2019). Autoetnografi Suatu Alternatif Riset Ilmiah di Bidang Seni. Retrieved from http://repository.isi-ska.ac.id/4044/

Masunah, J. (2011). Konsep dan Praktik Pendidikan Multikultural di Amerika Serikat dan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 298–306. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2732

Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, Adisel4. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(02), 815-830. Retrieved from https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/994

Desimila, Dadan Suryana. Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2474-2484. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2001

Risqi Istianingrum, Muhamad Taufik Hidayat. (2023). Wajah Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Indonesia : Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Tarbiyah, 30 (1), 53-63. Retrieved from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/2424

Indah Wahyu Ningsih, Annisa Mayasari, Uus Ruswandi. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 1083-1091. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3391

Elindra Yetti, Ade Dwi Utami, Tjipto Sumadi, Erie Siti Syarah, Agung Cahyo Karyadi. (2023). Pelatihan Pendidikan Multikultural Melalui Tari Pendidikan Bagi Guru PAUD Di Desa Bobojong Kabupaten Cianjur. JURNAL PERDULI, 4 (1), 35-43. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/34121/15214

Putraningsih, T., Simatupang, G. R. L. L., & Sayuti, S. A. (2018). Menyemai Benih Nilai Multikultural melalui Pembelajaran Penciptaan Tari Kelompok di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Seni, 5(1), 32–46. Retrieved from https://doi.org/10.22146/jksks.38999

Sari, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural melalui Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 22 Bengkulu Selatan (IAIN Bengkulu). Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/4967/

Sustiawati, N. L. (2011). Kontribusi Seni Tari Nusantara dalam Membangun Pendidikan Multikultur. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 26(2), 126–134. Retrieved from http://repo.isidps.ac.id/1681/1/943-3435-1-PB.pdf

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Jakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i3.24677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: