INOVASI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MAHASISWA SENDRATASIK FSB UNG SEBAGAI UPAYA MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nurlia Djafar

Abstract


Di tengah arus percepatan menuju era revolusi industri 4.0 berbicara tentang nilai, maka setiap masyarakat memilikinya. Kearifan lokal dibangun dan ditumbuhkan dari pandangan hidup dan nilai-nilai yang menjadi pedoman masyarakat dalam menyelenggarakan kehidupannya. Kekayaan budaya tersebut harus dilestarikan sebagai jalan menjadi bangsa yang berkarakter. Masing-masing kekayaan budaya tersebut menunjukkan nilai yang luhur dari setiap masyarakat. Ichwal (2011) dalam buku Restorasi Pendidikan, menyebutkan bahwa pentingnya pendidikan budaya sama pentingnya seperti membangun karakter bangsa. Hal ini juga sejalan dengan pendapat Fajarini (2014) bahwa menggali dan melestarikan berbagai unsur kearifan lokal, tradisi dan pranata lokal, termasuk norma dan adat istiadat yang bermanfaat dapat berfungsi efektif dalam pendidikan karakter.

 


Keywords


Inovasi pembelajaran, seni, kearifan lokal, nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Asfuri, Ninda (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di era globalisasi melalui penerapan model Brain Based Learning.

Akmal, Z. (2021). Tinjauan Yuridis Filosofis Eksistensi Kearifan Lokal. JOELS: Journal of Election and Leadership, 2(2). https://doi.org/10.31849/joels.v2i2.7451

Astrid Savitri. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0.

Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2).

Faqih Hindani. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. https://www.kompasiana.com/faqih_hindami/552fe6bd6ea83422628b45bb/pendidikan-karakter-berbasiskearifan-budaya-lokal

Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur dan Sitematika Review di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29, 131– 143.

Muhammad, F., & Yosefin, Y. (2021). Peran kearifan lokal pada pendidikan karakter di masa pandemi (suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan & ilmu sosial ). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 519–528.

Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun

pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25.

Syakhruni, S. (2019, December). Pembelajaran Seni Tari Sebagai Pendidikan Karakter. In Seminar Nasional LP2M UNM

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2902/2416

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4428




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i1.24692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: