ANALISIS NASKAH DRAMA “MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL” KARYA ARIFIN C. NOOR MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL

Shofiyah Shofiyah, De San San Nurhayati, Elsa Purnama Sari, Adita Widara Putra

Abstract


Dunia sastra erat kaitannya dengan puisi, prosa, dan drama. Setiap bagian memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mereka memiliki daya tarik masing-masing. Dalam drama, proses untuk menghasilkan suatu pertunjukkan yang indah tidak hanya diperoleh dengan cara latihan rutin, akan tetapi masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Proses tersebut melibatkan dimensi sastra dan dimensi pertunjukan. Dalam dimensi sastra,kita mengenal istilah naskah drama. Dalam penyusunan sebuah naskah drama, diperlukan berbagai hal dari berbagai pihak yang memadai. Naskah drama tidak akan lepas dari unsur-unsur pembangunnya, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Naskah Drama ‘Matahari di Sebuah Jalan Kecil’ Karya Arifin C. Noor Menggunakan Pendekatan Struktural” ini, penulis ingin menggali berbagai unsur intrinsik yang terkandung dalam naskah drama tersebut. Adapun metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan temuan-temuan berupa unsur intrinsik yang terkandung dalam naskah yang dianalisis. Untuk mempermudah hal tersebut, penulis pun menggunakan teknik kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Sehingga, penelitian ini memperoleh hasil berupa unsur-unsur intrinsik yang membangun naskah “Matahari di Sebuah Jalan” karya Arifin C. Noor.

Full Text:

PDF

References


Amara, D., dkk. (2023). Struktur Naskah Drama Roh Karya Wisran Hari. Vol 13, Putra. 2022. Ini Drama. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.

Fitri, N, A. (2021). KAJIAN STRUKTURAL PADA NASKAH DRAMA “TELAGA WARNA”. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya.

IU Siregar & E Mizkat. (2020). ANALISIS LATAR PADA NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA: TERE LIYE. Jurnal Komunitas Bahasa.

Devi S, & Wika. (2019). Teori Sastra. Karanganyar. CV Al Chalief.

PD Samaran, A Amrizal, & B Lubis. (2018) Analisis struktural novel O karya Eka Kurniawan. Jurnal Ilmiah KORPUS.

Egitama. (2017). Mari Mengenal Drama. Surakarta : CV Teguh Karya.

A, Hidayat. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ambarwati, I. (2014). CITRAAN DALAM NASKAH DRAMA MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL KARYA ARIFIN C NOER:KAJIAN STILISTIKA DAN MAKNA YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DI SMA Universitas muhammadiyah surakarta.

Kosasih, E. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Pomolango, C. W. (n.d.). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel Pulang. JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA.

Putra, A. W. (2022). Ini Drama. Tasikmalaya: LANGGAM PUSTAKA.

Rahayu, P. (2023). Analisis Struktural dalam Novel Chicago Karya Alaa Al Aswany. E Journal STKIP Singkawang.

Samaran, P. (2018). analisis struktural novel o karya eka kurniawan. eJournal UNIB.

Sitanggang, N. (2022). ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI MORAL PADA NOVEL BERHENTI DI KAMU KARYA GIA PRATAMA. Jurnal Unigal .

Supriyanto, A. (2023). Analisis Struktural Novel Tempat paling sunyi Karya Arafat Nur. STKIP PGRI Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i2.25420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: