PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PADA PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA (STUDI PADA KONSUMEN AMDK MEREK AQUA DI KOTA GORONTALO)

Febriyanto Ngabiso, Djoko Lesmana Radji, Umin Kango

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa besar pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek, 2) seberapa besar pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, 3) seberapa besar pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Jenis Penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah konsumen Aqua di Kota Gorontalo yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini memperoleh persamaan regresi: Y= 14,324 + 0,271 + 0,486. Dengan nilai t tabel 1,661, nilai F tabel 3,09, dan tingkat signifikansi 5% (0,05). Berdasarkan hasil uji secara parsial membuktikan bahwa: 1) variabel citra merek memiliki t-hitung 3,118 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai pengaruhnya sebesar 12,8%. 2) variabel kepercayaan merek memiliki t-hitung 5,840 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pengaruhnya sebesar 30,5%. Hasil ini menunjukan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek. 3) Hasil uji secara simutan memiliki F-hitung sebesar 37,046 > F tabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Adjusted R20,421 menjelaskan bahwa sebesar 42,1% dari citra merek dan kepercayaan merek memiliki kontribusi untuk mempengaruhi loyalitas merek. Adapun selebihnya 57,9% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini seperti harga, promosi, dan distribusi.

Keywords


Citra Merek; Kepercayaan Merek; Loyalitas Merek

Full Text:

PDF

References


Annisa, Mira. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Pada Pelanggan Pos Indonesia di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta).

Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fortuna, Inti Bintang. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Halid, Ria Restika. 2018. Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome di Plaza Telkom Gorontalo. JAMBURA, Vol 1. No 2: Universitas Negeri Gorontalo.

Hasiru, Nur Putriani. 2018. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Konsumen The Body Shop Cabang Gorontalo). Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity 4rd Edition. Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-III. Edisi kedua belas. Jilid I. PT. Indeks

Naafiani, Chellya Niken Hayyu. 2010. “Studi Tentang Antecedent Brand Attitude dan Brand Equity”, Vol. IX, No. 1: 77-94.

Noor, Mitha Fadilla. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty King Thai Tea Bandung. Jurnal IMAGE, Vol.3, No. 2:127-140.

Nuddin, A. Khalishah. 2017. Pengaruh Pengalaman Merek dan Kepercayaan Merek Dalam Membangun Loyalitas Merek: Penelitian Empiris Pada Merek Samsung: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Nurfadila. 2015. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1, No. 3:Universitas Tadulako

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengolah Data Terpraktis. Edisi I. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Rangkuti, Freddy. 2018. The Power Of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan ke-10. Bandung: ALFABETA.

Rizan, Mohammad. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty The Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Saind Indonesia (JRMSI), Vol.3, No.1:Universitas Negeri Jakarta

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi I. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan keempat. Edisi Ketujuh. PT. INDEKS.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: KENCANA.

Suhairi. 2020. Persepsi Loyalitas Konsumen Terhadap Produk (Survey Konsumen J.CO Donuts & Coffe. Jurnal Tansiq, Vol.3, No.1, Januari-Juni: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sumarwan, Ujang dan Fandy Tjiptono. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Edisi/Cetakan Ke-1. Bogor: PT. Penerbit IPB Press

Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke-8. Bandung: ALFABETA

Tjahyadi, Rully Arlan. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol.6, No.1, Nov 2006 (Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung).

Upamannyu Nischay K. 2014. “Effect of Brand Trust, Brand Image on Costumer Brand Loyalty in FMCG Sector at Gwalior Region”. Prestige International Journal of Management & IT-Sanchayan 2 (1), 751.

Variano, Vito. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Merek Konsumen Kereta Api. Jurnal ANGORA, Vol.5, No. 3 (2017): Universitas Kristen Petra Surabaya.

Vidyawati, Pradana. 2009. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3).

www.google.com.2020. “UU 15/2001 tentang Merek-Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual” diambil dari http://google.com. Diakses pada tanggal 28 November 2020.

Zulganef. 2018. Metode Penelitian Bisnis Dan Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo