PENGARUH VARIASI PRODUK VALUE PLUS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI HYPERMART GORONTALO

Sri Rahayu Dj. Puhi, Tineke Wolok, Zulfia K. Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Variasi Produk Value Plus Terhadap Minat Beli Konsumen di Hypermart Gorontalo baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilaksanakan pada konsumen Hypermart Gorontalo dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian di analisis data menggunakan regresi sederhana (karena hanya 1 variabel bebas). Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel bebas (Variasi Produk Value Plus) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terkait (Minat Beli Konsumen di Hypermart Gorontalo). Kemudian untuk pengujian besar pengaruh (Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terkait) menggunakan R Square, hasil nilai R Square adalah nilai sebesar 0,974. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 97,4% Variabel Minta Beli Konsumen di Hypermart Gorontalo dapat dijelaskan oleh Variasi Produk, sedangkan sisanya sebesar 2,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Variasi Produk Value Plus; Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anindi, Widiya Putri, (2018) “Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, KualitasProduk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Jenang Teguh Rahardjo Ponorogo”

Abdurachman, (2004) “Analisis Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (studi perilaku konsumen sarung di jawa timur)”.

B. Lena Nuryanti Anisa Yunia Rahman (2007), “Pengaruh Variasi dan KemasanProduk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultrajaya”

Dewi Lestari (2016), “Pengaruh Varian Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Zyvi Cell Pangkalpinang”.

Endro Arifin dan Achmad Fachrodji (2015) “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen dan Achilles Di Jakarta Selatan”

Isti Faradisa, Leonardo Budi, Maria M Minarsih. (2016) Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian CoffeeSho Semarang (ICOS CAFE)

Nurhayati, Rizky, (2011) “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional) Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (studi perilaku konsumen sarung di jawa timur)”. Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya.

Penny Rahmawati, Msi (2015), “Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti BreadTalk Yogyakarta”.

Panji Umar Wicaksono, Mudiantono (2017), “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL Axiata Di Semarang”.

Rizky,M.F. & Yasi, H.(2014), “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan” . Jurnal Manajemen & Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo