PENGARUH WOM (WORD OF MOUTH), BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN THAI TEA PADA DUM DUM THAI DRINKS SAMARINDA

Ritna Rachel Pilipus, Muhammad Fikry Aransyah, Wira Bharata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang terdiri dari Word Of Mouth (X1), Brand Image (X2), dan Kualitas Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui salah satu diantara ketiga variabel yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif . populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen pada Dum Dum Thai Drinks Samarinda. Teknik sampling yang digunakan adalah random samplimg. Hasil perhitungan uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel independent Word Of Mouth (X1), Brand Image (X2), dan Kualitas Produk (X3) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian (Y) dari hasil analisis uji t (parsial) menunjukkan bahwa Word Of Mouth (X1) dan Brand Image (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) sedangkan Kualitas Produk (X3) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y)  pada Minuman Thai Tea Dum Dum Thai Drinks Samarinda. Variabel yang paling berpengaruh pada kinerja karyawan adalah variabel Keputusan Pembelian.

Keywords


Word Of Mouth; Brand Image; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Philip. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran . Bandung : CV ALFABETA.

Assauri, S. (2014-2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT RajaGrafindo.

Ali, H. (2015). Jurnal Media Wisata, Volume 13, Nomor 1, Mei 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial, 225.

Amstrong, Philip. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran . Bandung : CV ALFABETA.

Assauri, S. (2014-2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT RajaGrafindo.

I Kurniawan, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga ,Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi GLORIOUS INDUSTRIES di Kota Bandung.

Isnawati, Y. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.

Kurniawan, I. (2016). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza HUT di Kota Palembang, 29.

Mantauv, C. S. (2014). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush.

Mukholidah, S. I. (2018). Pengaruh Brand Image dan Word Of Mouth Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cafe Cak Cuk Surabaya).

Nanik, W. (2018). JIMMU–VolumeIII-Nomor1–Agustus 2018. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keinginan dan Keputusan Berkunjung ke Pantai Serta Implikasinya Terhadap Willingnes To Reccomendation, 79-91.

Samuel Hatene, L. S. (2014). JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, Vol. 8, No. 2. Analisis eWOM, Brand Image, Brand Trust Dan Minat Beli, 47-48.

Seftian, S. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sabun Mandi Cair Merek Dettol di Bandar Lampung.

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako.

Tjenghar, W. A. (2016). JURNAL BISNIS DAN MANAJEMEN/Volume 53/No.12/Desember -2016. Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth, 241-253.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo