Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima

Dewi Suriani, Firmansyah Kusumayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Bima.  Jenis penelitian adalah asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan pegawai di kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bima sebanyak 125 orang pegawai, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 71 orang dan honorer sebanyak 54 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan pegawai yang berstatus PNS sebanyak 71 orang dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel lingkungan kerja (X1) tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Bima, sedangkan variabel pengalaman kerja (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (DIKPORA)  Kabupaten Bima. Berdasarkan hasil uji f menunjukan bahwa lingkungan kerja (X1) dan pengalaman kerja (X2) bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Bima.

Keywords


Lingkungan Kerja; Pengalaman Kerja; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. ( 2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Daft, R, Marcic. (2013). Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8), Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jockson, J. (2011). Human Resource Management, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Mananeke, T, Rares, J, Tempongangoy, D. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Kecematan Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 5, No.7, Hal. 1-5.

Manulang, A. (2013). Manajamen Sumber Daya Manusia. Bandung: Ciptapustaka Media Printis.

Maryati. T, Fernando, A. (2018). Peran Organizational Citizenship Behaviour (Ocb) Dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt.Cinemaxx Branch Lippo Plaza Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Implementasi. Vol. 9, No. 2, Hal. 159-173.

Riani, L.A. (2011). Budaya Organisasi. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Septianto. (2010). Pengaruh LingkunganKerjadan Stres Kerja TerhadapKinerja Pegawai (Studi Pada PTPataya Raya Semarang). Skripsi. Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Sugiyono. ( 2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keenam. Jakarta: Pranada Media Grup.

Suwarno, Aprianto, R. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Niaga Sejahtera Kota Lubuglingggau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 24, No. 1, Hal. 58-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.