Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Kantor BPMDes Kabupaten Bima

Aminullah Aminullah, Mulyadin Mulyadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi kerja pegawai pada Kantor BPMDES Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan jenis data kuantitatif  menggunakan sumber data primer. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Kantor BPMDES Kabupaten Bima dengan jumlah 71 orang pegawai, yang terdiri dari 44 orang ASN, 15 orang Honorer Daerah, dan 12 orang sukarela. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh PNS dengan jumlah 44 orang pada kantor BPMDES Kabupaten Bima dengan menggukan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dam dokumtasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial maupun secara simultan variabel motivasi kerja dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada kantor BPMDES Kabupaten Bima dengan tingkat hubungan sangat lemah.

Keywords


Motivasi; Disiplin; Prestasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Usman, B. 2015. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Universitas Pgri Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 5(1): 24–37.

Harudi, N., Ilyas, B. G., Tamsah, G. 2016. “Pengaruh Motivasi, Disiplin Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng.” Jurnal Mirai Management 1(September): 104–18.

Hasibuan, M. S. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hendriansyah. 2016. “Pengatuh Motivasi Dan Disiplin Serta Pengalaman Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Di Kota Palembang.” Prestasi Kerja 6(1): 13–23. https://www.neliti.com/publications/287546/pengaruh-motivasi-dan-disiplin-serta-pengalaman-terhadap-prestasi-kerja-karyawan.

Khairuddinata, Aji Ratna Kusuma, R. A., Idris, A. 2015. “Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Dikantor Camat Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Khairuddinata 1 , Aji Ratna Kusuma 2 , Adam Idris 3.” Jurnal Administrative Reform Vol.3: 71–81.

Mangkunegara, A. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sakarsih, N, Rasmansyah. 2018. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Packaging Section Pt. Astra Honda Motor Parts Centre.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 5(2).

Soegoto, A. S. 2012. “Bauran Pemasaran Jasa Pengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Nusa Tongkaina Wisata Tirta (Ntwt) Manado.” Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis 10(1): 14.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Yogyakarta: Caps.

Widianta, I. G., Bagia, W. I, and I Suwendra, W. 2016. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan.” e-Journal Bisma Unevirsity Pendidikan Ganesha 4(1): 105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.