Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien KIS Di Puskesmas Kota Selatan

Rizka Nur Safira, Tineke Wolok, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien KIS di Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan. Analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 0,759 sedangkan nilai rtable tingkat signifikan 5% sebesar0,361. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,496. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 49,6% variable kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan di Puskesmas Kota Selatan. Sedangkan sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh factor lain seperti biaya perawatan, lokasi, fasilitas dan image.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Abidin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI. Vol 12(2) : 70-75

Agus, D.S. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD

Sekayu Tahun 2015. Akademi Keperawatan Pemkab Banyuasin. Jurnal Naskah Publikasi Volume VIII.

Anggraeny, Cindy. 2013. Inovasi Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 1,85 -93.

Handayani, Sri. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetna. Profesi, 14,42-48.

Kuntoro, Wahyu, Wahyudi Istiono. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Tempat Pendaf

Mawarti Fitri, Fauziah Nuraini K, M. Husni Thamrin. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasam Ibu Hamil Di Kota Pangkal Pinang Tahun 2015. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,3,363-371.

Nirmayasri Datuan, Darmawansyah, Anwar Daud. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. JKMM. Vol. 3(1) : 291-300

Nursalam.(2011). Proses dan dokumentasi keperawatan, konsep dan praktek.Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Rully Dedy Setiawan, 2010. Kualitas Pelayanan Puskesmas Karang Dowo Kabupaten Klaten Kepada Pasien Jamkesmas. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Jurusan Ilmu Administrasi. Universitas 11 Maret. Surakarta.

Tangdilambi, Novagita, Adam Badwi, Andi Alim. 2019. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5, 165-181.

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi PPDM Bagi Masyarakat Pesisir Danau Limboto Melalai Penguatan Sumber Daya Manusia dan Iptek Manajemen Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Produk Unggulan.

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi Iptek Untuk Standarisasi. Pemasaran dan Distribusi Produk Kerajinan Sulaman Kain Karao Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) DI Kabupaten Gorontalo.

Wolok, Tineke, dkk. 2014. Analisa Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Bank Sinar Mas Cabang Gorontalo. Laporan Penelitian: Uiversitas Negeri Gorontalo

Tores, Ropal. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Dalam Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 5, 116-128.

Utami, Amelia Tri, Hadi Ismanto, Yuni Lestari. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Sudi Kasus Pasien Rawat Jalan Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Pendidikan Brigade Mobile Watukosek). JKMP, 1,83-96

Valentina Anissa Febriani. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Pasien Polik Klinik Rwat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo)”.Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Managemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Widayanti, Linda Prasetyani, Nova Lusiana, Estri Kusumayawati. 2018. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan: Studi Deskriptif Pada Klinik UIN Sunan Ampel. Journal Of Healt Science And Prevention, 2,22-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.