Pengaruh NPM, ROA Dan DER Terhadap Pertumbuhan Penjualan Pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk

Nissa Bella Athalia, Nurul Huda

Abstract


Pertumbuhan penjualan tinggi mencerminkan pendapatan perusahaan yang juga meningkat, penjualan PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2019 mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh NPM, ROA dan DER terhadap Pertumbuhan Penjualan pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. Jenis penelitian adalaha asosiatif  dengan menggunakan jenis data kuantitaif dari sumber data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu daftar tabel berupa data laporan keuangan Net Profit Margin, Return On Asset, Debt to Equity Ratio dan pertumbuhan penjualan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu data laporan keuangan selama 11 tahun terhitung mulai dari PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2009-2020. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data laporan keuangan selama 9 tahun, dari tahun 2011-2019 dengan teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah purposive sampling.dengan kriteria pengambilan sampel ini yaitu ketersediaan data yang diperoleh, penggunaan data yang masih baru, data 9 tahun terakhir dianggap sudah baik dan cukup mewakili data-data tahun sebelumnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi pustaka dan Dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinaeritas, uji heterkodeastisitas dan uji autokorelasi, analisis regresi liniaer berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variable NPM, ROA, dan DER tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan penjualan PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk sedangkan secara simultan ada pengaruh dan tidak signifikan secara simultan antara NPM, ROA dan DER  terhadap pertumbuhan penjualan PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk dengan tingkat hubungan sangat kuat  dan kontribusi pengaruh antara NPM, ROA dan DER terhadap pertumbuhan penjualan PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk yaitu sebesar 77,6 %.

Keywords


NPM; ROA; DER; Pertumbuhan Penjualan

Full Text:

PDF

References


Darmadji, T. D. 2011. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Selemba Empat.

Fahmi, I. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Julhelmi, Manalu, J. 2016. “Analisis Net Profit Margin, Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Total Asset Turnover Untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada (Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdafar Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2010-2014.” Jurnal Pelita Indonesia 4(3): 299–312.

Julita. 2011. “Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Debt To Assets Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Transformasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 1(1): 1–21.

Juwari, Zulviani, M. A. 2020. “Pengaruh Der, Roa, Roe Dan Npm Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Subsektor Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bei.” GeoEkonomi ISSN-Elektronik (e): 2503-4790 11(2): 188–201.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Martini, Rurul, Siti,. 2021. “Pengaruh Return on Assets , Debt to Equity Ratio , t Otal Assets Turnover , Net Profit Margin , Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pertumbuhan Laba The Effect of Return on Assets , Debt to Equity Ratio , Total Assets Turnover , Net Profit Margin , and Managerial Ownership on Profit Growth.” 18(1): 99–109.

Nuriainika, Y., Mulya, A. A., Andini, P. 2015. “Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO), Total Assets Turnover (TATO), Operating Profit Margin (OPM), Return On Asset (ROA) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Perubahan Laba.” Jurnal Akutansi dan Keuangan 4(1): 41–60.

Sjahrial. 2014. Manajemen Keuangan. edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sofyan, Syafri Harahap. 2013. “Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 11.”

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung: Alfabeta.

Sundari, R., Satria, R. M . 2021. “Pengaruh Return on Asset Dan Return on Equity Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sub Sektor Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Land Journal 2(1): 107–18.

Susyana, F. I., Nugraha, M. N. 2021. “Pengaruh Net Profit Margin, Return on Assets, Dan Current Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba.” Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan 3(1): 56–69.

Widianti, M. 2019. “Pengaruh Net Profit Margin, Return On Assets Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan LQ-45.” Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan 7(3): 545–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.