Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Di Cafe Bee Ginning Kota Bima)

Ahmad Musta’in Billah, Ita Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap kepuasan konsumen di cafe bee ginning kota bima. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dimana jumlah populasi yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung di cafe bee ginning kota bima yang jumlahnya tidak diketahui (Unknown Population). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 orang responden dengan teknik sampel digunakan adalah metode non probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, observasi, dan pengisian kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (10,669) lebih besar dari t tabel (1,663), kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara manajemen hubungan pelanggan terhadap kepuasan konsumen pada cafe bee-ginning kota bima.

Keywords


Manajemen Hubungan Pelanggan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anne Attas, M. Risal, Muhammad Yusuf Qamaruddin, Dan Rahmad Solling Hamid, Jurnal Manajemen Vol. 4, No. 1, Juni 2018 Halaman : 1-5

Ellena nurfazria. H dan Edwin yudha. P, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnad Wipayana, vol.6. No. 3 sept. - des.2018.

Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2009). Educational research : competencies for analysis and applications (9th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Merrill/Pearson.

Iriandini, Anggita Putri, Edy Yulianto dan M. Kholid Mawardi. 2015. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.

Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama: PT. Gramedia: Jakarta

Kumar dan Reinartz. 2012. The Customer Relationship Management: Concept. Strategy, Tools. London: Spinger.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kartika Imasari, Kezia Kurniawati, Fokus Ekonomi (FE), Vol. 10, No. 3 Desember 2011, Hal. 183 – 192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.