Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing di Hotel Elji Kota Gorontalo

Nilawati Harun, Rizan Machmud, Ramlan Amir Isa, Tinneke Wolok, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor loyalitas pelanggan terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner pada Pengunjung Hotel Eljie Kota Gorontalo serta data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari Hotel Eljie Kota Gorontalo. Sampel yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Berdsarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan juga terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Amha, G. G. (2020). Determinants of customer satisfaction and customer loyalty in amhara credit and saving institute (acsi): The case of waghimera zone sekota town. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 1(01), 34-51.

Hapsari, E. R. M. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota di BMT MADANI Sepanjang Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Firdianjah, A., & Waris, A. (2019, September). Pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing jatim park group. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, No. 1, pp. 1652-1660).

Jatmiko, R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Loyalitas Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 7(2), 97-114.

Laely, N. (2016). Analisis pengaruh kepercayaan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pada pt. telkomsel di kota kediri. jmm17, 3(02).

Megawati.(2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara).

Meiriyadi, A., & Ali, M. (2019). Build Customer Loyalty Strategies To Achieve Competitive Advantage In Pt Semen Tonasa Pangkep Regency. Hasanuddin Journal Of Management, 1(1).

Nafiisah, F., & Djamaludin, M. D. (2020). The Influence of Satisfaction toward Loyalty of Adolescent Consumers Mujigae Resto in Bogor City. Journal of Consumer Sciences, 5(1), 1-15.

Nailinni’mah,I.K.F.I.N.A.(2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah dalam Menabung di Bri Syariah Kcp Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nobar, H. B. K., & Rostamzadeh, R. (2018). The impact of customer satisfaction, customer experience and customer loyalty on brand power: empirical evidence from hotel industry. Journal of Business Economics and Management, 19(2), 417-430.

Pritandhari, M. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing (studi pada bmt amanah ummah sukoharjo). Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 41-56.

Rorong, M. R., Lapian, J. S., & Tielung, M. V. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Bersaing terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Sulut Go Cabang Uatama. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(2).

Setiawan, Y. R. (2006). Pengaruh Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dan Strategi Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Bank Permata Cabang Yogyakarta (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Sunarto, S. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dan Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada Tabungan Britama BRI Kanca Kendal) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Sutanto, H. (2005). Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan (Studi Kasus pada Nasabah PT BCA Tbk Cabang Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Syahfitri, D. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keunggulan Bersaing (Studi Pada Pelanggan Tix. Id Di Yogyarta).

Tahuman, Z. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3).

Tarigan, M., Wulandari, A., Triyuningsih, R., Baroqah, B. D., & Merdianingsih, B. (2019). Determinant Factors of Customers Loyalty in Hotels in Bandung City. PSIKODIMENSIA, 18(2), 178-189.

Vilkaite-Vaitone, N., & Skackauskiene, I. (2020). Service customer loyalty: An evaluation based on loyalty factors. Sustainability, 12(6), 226




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v4i3.13360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo