Pengaruh Strategi Diferensiasi Citra Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Hotel Eljie Syariah Gorontalo

Dina Nurhidayah Angio, Rizan Machmud, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility terhadap keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun secara simultan pada hotel Eljie Syariah Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,575. Nilai ini berarti bahwa sebesar 57,5% keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo dipengaruhi oleh strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility. Adapun 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel kepuasan konsumen, inovasi produk, manajemen rantai pasok, dan kualitas pelayanan.

Keywords


Diferensiasi Citra; Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. (2011). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta

Aryawan, Made. I Ketut Rahyuda dan Ni wayan Ekawati. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) terhadap Citra Perusahaan. E-jurnal Manajemen Unud, vol 6 No. 2.

Handoko, Hani. (2016). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Irani, Jubaidiyah. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing pada Lazis Muhammadiyah Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Julita dan Eka Nurmala Sari. (2015). Strategi Generik Porter bagi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) (Studi Kasus: pada UMKM di Kabupaten Deli Serdang). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Leki, Rambu dan Y. Jogi Christiawan. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penjualan dan Biaya Operasional Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Jurnal Akuntansi Bisnis Vol 1, No.2

Mutaha, A.S dan Sutrisna E. (2018). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Loyalitas Konsumen Bisnis Jasa Pengiriman PT. POS Indonesia (Persero) Pekanbaru. JOM FISIP, Vol 5, No. 1

Prayoga, Yudi dan Ayu Rama Dani. (2020). Strategi Diferensiasi dalam Menentukan Positioning Pasar (Studi Kasus Minuman LEGA di Labuhanbatu). Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, vol.1 No.1.

Ramadhani, Dini Suci. (2013). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Konsumen Damarindo Digital Printing di Padang. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, vol. 1 No. 1

Ratela, Gerry Doni dan Rita Taroteh. (2016). Analisis Stretgi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal EMBA, vol. 4 No. 1

Rizan, Muhammad dan Harun Arrasyid. (2008). Analisis Asosiasi Merek, Nilai Produk, dan Kualitas Pelayanan, serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sepeda Motor di Bekasi. Jurnal Siasat Bisnis, Vol 12 No. 2

Saputro, Hendry Dwi. (2013). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan pada Toko Bangunan Indah Kiat Gemilang di Kudus. Jurnal Manajemen Fakultas Eknomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Shafa A Farida. Nurdin dan Azib. (2015). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Bandung Raya Dan Sumedang). Prosiding Penelitian Civitas Akademika Unisba (Sosial Dan Humaniora).

Wilantara, Rio F dan Susilawati. (2016). Startegi dan Kebijakan Pengembangan UMKM: Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasional di Era MEA. Bandung: PT Refika Aditama

Yakup, A.P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Airlangga




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo