Analisis Swot Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Hotel Grand Q Gorontalo

Mohamad Rinaldi Djakaria, Raflin Hinelo, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Hotel Grand Q Gorontalo secara strategis berdasarkan analisis SWOT kemudian menentukan alternatif strategi pemasaran menurut Matriks SWOT. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis SWOT yaitu dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dan kemudian dirumuskan pada diagram Cartesius, Matriks Internal dan Eksternal, dan Matriks SWOT. Pada Matriks SWOT ada 4 alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Hotel Grand Q Pada strategi SO memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang yaitu fasilitas yang lengkap beserta makanan danminuman yang beragam, reputasi pelayanan terbaik, serta lokasi yang strategis akan lebih mudah menarik minat konsumen yang semakin banyak berkunjung ke Gorontalo ditunjang dengan perkembangan  teknologi yang semakin canggih sehingga lebih cepat dan mudah dalam menawarkan promosi. Pada strategi WO yaitu mengatasi kelemahan dengan  memanfaatkan peluang yang ada. Dengan perkembangan teknologi yang ada dapat  digunakan  untuk  pelaksanaan promosi kepada konsumen scara cepat  dan  luas  serta peningkatan  daya  beli dan selera konsumen, bisa berdampak positif pada hotel dengan disediakannya fasilitas yang memadai seperti menyediakan ruangan yang lebih besar untuk acara yang berskala besar. Untuk strategi ST yaitu dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghindari ancaman yaitu dengan memiliki fasilitas serta menu makanan dan minuman yang beragam. Hotel Grand Q harus terus berinovasi agar produk/layanan yang dihasilkan tidak mudah ditiru oleh pesaing. Strategi WT yaitu menciptakan strategi khusus untuk kegiatan promosi kepada konsumen yang lebih gencar.

Keywords


Analisis SWOT; Matriks SWOT; Alternatif Strategi

Full Text:

PDF

References


Alma, Bukhari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan ke enam. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. 2016. Manajemen Pemasaran,Dasar konsep dan Strategi.Jakarta: Rajawali Pers.

Bagyono. 2012. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta.

Basu Swastha, dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Burami, Cahya. 2013. Analisis Pengembangan Potensi Wisata Bukit Aitumeri Kabupaten Teluk Wondama. Skripsi. Manokwari. Fakultas Kehutanan Universitas Negeri Papua.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Hunger, Dvid J dan Wheelen. L Thomas. 2001. Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI.

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media.

Kotler,P. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi II. Jakarta: PT Indeks. Laksana,

Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Lupiyoadi,

Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rukmana, Muh. Indra. 2011. Penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT yang terdiri dari keunggulan, kelemahan, ancaman dan peluang yang diterapkan oleh PT. BNI (Persero) Tbk Cabang Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Saturday, Ade.2012. Analisis Strategi Pemasaran Jasa pada Hotel Misiliana d iKabupaten Toraja Utara. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri. Yogyakarta: ANDI

Susilowati. 2002. Strategi Pemasaran dalam menghadapi peluang dan tantangan di tahun 2012 pada Hotel Phoenix Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Magister Manajemen Jurusan ilmu-ilmu Sosial.

Tripomo,T dan Udan, 2005.Manajemen Strategi.Bandung: Rekayasa Sains Umar, Husein. 2005. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Utama, I Gusti Bagus Rai dan Mahadewi, Ni Made Eka. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: ANDI. http://properti.kompas.com/read/2013/07/13/1923177/Hotel.Kelas.Menengah.Ban jiri.Makassar%2013%20juli%202013"

Xiaomei Lin, 2016. STRATEGY ANALYSIS OF A BOUTIQUE AND LIFESTYLE HOTEL: A SWOT ANALYSIS. California State Polytechnic University, Pomona

Bagyono, 2017. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo