Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo

Fatma A Kuengo, Hapsawati Taan, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian khususnya produk mobil adalah merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Metode penelitian jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Honda Nengga Mobilindo berjumlah 374 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel sebanyak 68 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif inferensial regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Citra merk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo. Hal ini berarti bahwa apabila citra merk mobil Honda Brio semakin baik maka akan berdampak pada tingginya tingkat keputusan pembelian konsumen pada Honda Brio Kota Gorontalo. (2) Harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo. Hal ini menunjukkan bahwa semakin bersaing harga dari produk mobil Honda Brio maka keputusan pembelian konsumen akan semakin tinggi pula. (3) Citra merk dan harga produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 69,70%. Sedangkan sisanya sebesar 30,30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti promosi, lokasi, kualitas produk dan pelayanan purna jual produk.

Keywords


Citra Merek; Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. 2012. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Salemba Empat.

Adyas, Dasmansyah dan Ida Suryani. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio. Economicus, Vol. 15(2): 170-179.

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Anwar, Prabu Mangkunegara. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Buchari.

Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwar, A., Gulzar, A., Sohail, B.F., & Akram, N.S. 2011. Impact of Brand Image, Trust and Affect on Consumer Brand Extension Attitude: The Mediating Role Of Brand Loyality. International Journal of Economics and Management Sciences,1(5): 73-79.

Bitebrands. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Brand Image. 3(1).

Christine, Haight Farley. 2019. International Refereed Social Sciences Journal (RW-IRSSJ) The International Branding Volume X, Issue 2. USA: Georgetown University Library, diakses 20 April 2019.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung: Linda Karya.

Edo, Zulfadly. 2010. Pengaruh Kulaitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Yakult di Kota Padang. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Evita, N. 2017. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Bakso Boedjangan Cabang Barangrang Bandung Tahun 2017). e-proseding of Apllied Science, 3(3): 430-452.

Fatmawati, N., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1): 1-20.

Firmansyah, M.A. 2018. Perilku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Gerung, J.C., Sepang, J., & Loinding, S. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 5(2): 2221-2229.

Gifani, A., & Syahputra. 2017. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek. 10(2): 81-94. Ratri (2007) dalam Amilia dan NST (2017).

Habibah, U., & Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1): 31-48.

Harahap, A.D. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3): 227-242.

Hidayat, MS. 2018. The Journal of Business and Management volume 1 Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kesehatan Mojotras (Study Kasus di Dusun Wonokupang Desa Wonokupang Balongbendo Sidoarjo), diakses 2 Mei 2019.

Isoraita, M. 2018. Brand Image Development. Journal Ecoforum, 7(1):1-6.

Julianda, I., & Eka. K. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Produk Smartphone Samsung. Jurnal Valuta, 3(1): 173-197.

Kotler Philip dan Armstrong Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Armstrong Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevine. Lane.2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Erlangga: Jakarta.

Labiro Mentari Kasih. 2017. Jurnal Skripsi Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Produk Purbasari Lipstik Matte. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, Diakses 2 Mei 2019.

Lubis, D.I.D., & Rahmat, H. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1): 15-24.

Mullins, Walker, Jr., Boyd, Jr. 2010. Marketing Management. Mc Graw Hill.

Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya. Edisi-5. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nugroho, Adi Rifki. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online. Skripsi. UNDIP. Semarang.

Ogi Sulistian. 2011. Jurnal Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan. Diakses 2 Mei 2019.

Perdana Karlina. 2017. Jurnal Kelemahan Undang-undang Merek dalam hal Pendaftaran Merek (Studi Atas Putusan Sengketa Merek Pierre Cardn) 5(2) Juli-Desember 2017. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, di akses 28 April 2019.

Rahayu Sri. 2014. Jurnal Indonesian National Branding Perception for Supporting Export Performance to Japan and Australia. Volume 9. Jawa Barat: Universitas Indonesia, diakses 2 Mei 2019.

Riduwan. 2013. Metode dan teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyono & Gigih, E.B. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, 8(2): 92-121.

Setiawati dan Tyas. 2018. Prosiding Seminar Nasional Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung Di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. UNISBANK: Tangerang, diakses 2 Mei 2019.

Setiawati, E. 2014. Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Telivisi Samsung di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers UNISBANK.

Solomon, Michael R. 2013. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 10thed. Pearson education limited, England.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakartya: Buku Seru.

Supriadi. 2018. Konsep Harga dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Guepedia Publisher.

Suri, Amalia. 2017. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol.6, No.1, Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra, diakses 14 April 2019.

Taan, H. 2017. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo di Kota Gorontalo. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 6(2): 148-158.

Tjiptono Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Vanessa, I., & Zainul, A. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2): 44-48.

Widjaja Tunggal Amin. 2013. Pokok-pokok Auditing dan Jasa Asuransi. Jakarta: Harvindo.

Zulaicha, S., & Rusda, I. 2018. Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, 4(2): 123-136.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo