Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Dalam Mendukung Persediaan Sayuran Beberapa Pedagang Sayur di Pasar Sentral Gorontalo

Valentina Monoarfa, Moh. Reza Saputra Basiru, Regita Duda, Sinthia Nur Haliza Maa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap ketersediaan sayuran yang akan diperjual-belikanl. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah pemasok lima pedagang sayuran di pasar sentral gorontalo. Pemasok sayuran ini bernama Bapak Brian berasal dari Kota Kotamobagu. Pedagang sayur ini biasanya menyuplai dari pemasok setiap hari untuk menghindari sayuran agar tidak cepat rusak dan busuk. Sayuran dipasok dari Kotamobagu, dikarenakan Gorontalo mengalami kesulitan dalam penyediaan sayuran yang diakibatkan oleh iklim dan cuaca yang sering berubah-ubah. Sehingga sayuran yang ada di Gorontalo ketersediaannya tidak bisa memenuhipermintaan konsumen.

Keywords


Manajemen Rantai Pasokan; Sayuran; Pasar; Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Bortiandy Tobing, S.T., MMT. 2015. “Rantai Pasok Pangan (Food Suplly Chain)”, https://supplychainindonesia.com/rantai-pasok-pangan-food-supply-chain/, diakses pada 14 April 2022 pukul 22.40 WITA.

Ardin Nashrullah. 2019. “Pengaruh Suplly Chain Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan UMKM Usaha Dagang Bahan Bangunan Kabupaten Sleman”. Yogyakarta Indonesia : Universitas Islam Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo