Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo

Indrijani Naksir, Tineke Wolok, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengambarkan inovasi produk berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian DKI Martabak Mini, untuk (2) menggambarkan harga berpengaruh parsial terhadap proses keputusan pembelian DKI Martabak Mini, untuk (3) menggambarkan inovasi produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap proses keputusan pembelian DKI Martabak Mini. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo, (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo, (3) Inovasi produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,534. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 53,4% variable Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh Inovasi produk dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 46,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Inovasi Produk; Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok : PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. ISBN 978-979-769-419-7

Albari. 2018. “The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions”. Jurnal Integrative Business and Economics Research Vol. 7, Supplementary Issue 2

Alma Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arsyad, Lincoln. 2011. Ekonomi Manajerial. BPFE-YOGYAKARTA. ISBN 979- 503-002-7

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Fontana, Avanti. 2011. Innovate We Can. Bekasi : Cipta Inovasi Sejahtera

Ginting, Nembah F Hartimbul. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV YRAMA WIDYA. ISBN 978-979-077-583-1

Gulliando, Diego. 2019. “The Effect of Product Quality, Price and Promotion on the Purchase Decision of Telkomsel Service Products”. Jurnal International of Innovative Science and Research Technology Vol. 4 Issue 9. ISSN-2456- 2165

Haudi, dkk. 2020. “Effect of Product Innovation and Marketing Strategy on Consumer Purchase Decisions in Indonesia's Lightweight Roof Steel Industry”. Jurnal of Critical Reviews Vol. 7 Issue 13. ISSN-2394-5125

Heryanti Yanti. 2020. “Inovasi Produk Sandal Wanita Prodior Di Kampung Ciponyo Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya”. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik Vol. 1, No. 1 Bulan Maret 2020, ISSN: 2722-2438 72

Kharisma, Fresha. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota All New Avanza (Studi pada Pelanggan di Dealer Auto 2000 A.Yani)”. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 05 No. 02

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks. ISBN 979-683-817-6

Mursid. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M.N. 2005. Total Quality Management. Jakarta : PT Ghalia Indonesia Niode, Idris Y dan Herwin Mopangga. 2016. Manajemen Usaha: Produk Unggulan

Stik Jagung Ikan. Ideas Publising. Gorontalo

Niode, Idris Y, Yusniar Mendo, Rauf Fajrunnisa R. 2020. Role Of Purchase Decision As A Mediation That Influences Atmosphere Store On Customer Satisfaction. Russian Jounal Of Agricultural and Socio-Economic Sciences (RJOAS). ISSUE 7(103), Jully 2020. Pp. 37-44`

Niode, Idris Y dan Herwin Mopangga 2016. Peningkatan Produksi dan Perluasan Pasar Stik Jagung Ikan Gorontalo. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol. 17 No. 1 (2016): Februari. Universitas Gajayana Malang

Peter, J Paul., and Olson., Jerry C. 2010. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Terjemahan Damos Sihombing. Jakarta: Jilid 1. Edisi 9, Erlangga

Pribudi, Stefandi dan Harjanti, Dhyah. 2018. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Shoesholic Shop Tunjungan Plaza Surabaya”. Jurnal Agora Vol. 6, No.1

Rasyid, Harun Al dan Indah, Agus Tri. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan”. Jurnal Perspektif. Vol.XVI No.1 ISSN-2550-1178

Rogers, M.Everett. 2012. Diffusion of Innovation 5th Edition. Free Press, New York.

Sandala Dicki,. Dkk. 2019. Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Tust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal MBA Vol.7 No.3

Shaleh, Riefky. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk, Gaya Hidup, Harga, terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Stalker Pomade (Studi Kasus pada Pembeli Minyak Rambut Stalker Pomade di UN PGRI Kediri)”. Jurnal Simki Economic Vol. 01 No. 01

Sinurat, Elinawati Susi Mentari, dkk. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga”. Jurnal EMBA Vol. 5 No.2 ISSN-2303-1174

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA Sutisna. 2002. Perilaku konsumen, Bandung Rosda Karya.

Sukmana Mas Mochamad Deden,. Dkk. 2019. “Hubungan Harga Dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT Bank Mandiri Jakarta Kota”. Jurnal Economicus Vol. 10 No. 1

Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategic.Yogykarta: CV Andi

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo