Pengaruh Pertumbuhan Aset Dan Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Mohamad Isra Makmur, Lanto Miriatin Amali, Dewi Indrayani Hamin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pertumbuhan Aset dan Resiko Bisnis terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 Perusahaan dengan penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitin ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pertumbuhan aset dan resiko bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan aset dan variabel resiko bisnis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Besar pengaruh dari variabel pertumbuhan aset dan resiko bisnis terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 21,8% sedangkan sisanya sebesar 79,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Pertumbuhan Aset; Resiko Bisnis; Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Akbar, N. M. (2020). PENGARUH RISIKO BISNIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2018. Skripsi.

Arindita, G. (2015). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis.

Ayu, D. P., & Suarjaya, A. . G. (2018). Pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabael moderasi perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(2), 1997.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, & Elhart. (2005). Financial Management: Theory and Practive Eleventh Edition. Thomson South-Weztern Ohio: United State’s Of America.

Brigham, & Gapenski. (2002). Intermediate Financial Management Six Edition. Harcourt Brace College.

Dewi, D. A. I. Y. M., Sudhiarta, & Mertha, G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Aset terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 6(4).

Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 85–110.

Efni, Y., & Dkk. (2011). Pengaruh Keputusan Investasi. Keputusan Pendanaa, Kebijakan Deviden Terhadap nilai Perusahaan Studi pada sektor Properti dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Fahmi, I. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Anlisis Mulitvariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi Edisis Keenam. Jakarta.

Pasaribu, R. B. F. (2008). Pengaruh Variabel Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Go-Publik Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 101–113.

Perwira, A. A. G. A. N., & Wiksuana, I. G. B. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen, 7(7), 3767–3796.

Putri, A., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(3), 1–21.

Sudiyatno, B., & Puspitasari, E. (2010). Pengaruh Kebijakan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 1–22.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zamzany, F.R., Setiawan, E., Azizah, E.N. (2018). Reaksi sinyal keuanganterhadap harga saham sektor pertanian di Indonesia. Jurnal Bisnis danManajemen, Vol.8 (2) hal.133-140




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo