Perilaku Berbelanja Online Menggunakan E- Wallet Saat Pandemi Sampai Sekarang

Widia Septia Ningrum

Abstract


Bencana pandemik Covid-19 berpengaruh sangat besar terhadap perekonomian, bahakan dapat dikatan telah mengubah tatanan ekonomi dan bisnis di berbagai sektor. Tak hanya memiliki dampak negative secara medis, tetapi juga mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi dan bisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitaif dengan pendekatan literatur review. Pendekatan ini melakukan kajian atau meninjau secara kritis pengetahuan, gagasan atau temuan yang terdapat pada literatur, serta merumuskan teori dan metodelogi pada topik tertentu. Penelitian ini mengkaji perkembangan dan keberlangsungan belanja online melaui e- commerce bertransaksi menggunakan e-wallet selama pandemik berlangung dan sampai saat ini. Perubahan perilaku ini memaksa setiap seorang untuk melakukan Physical distancing. Semua aktifitas masyarakat dibatasi seperti: dilarang untuk keluar rumah dan berkerumun. Dalam kasus ini memberikan dampak terhadap pelaku bisnis. Interaksi masyarakat sosial sangat terbatas sehingga tidak kemungkinan dari mereka melakukan transaksi pada digital marketing terutama e-commerce. Digital marketing yang efektif dapat digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan media internet sebagai instrumen pemesaran. Bentuk e-commerce yang dipilih penjual untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Kemudahan menggunakan e-wallet adalah hal yang sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan, dengan memberikan akses mudah dalam penggunaannya maka akan memberikan minat pelanngan dalam bertransaksi menggunakan e- wallet. Dengan adanya e-wallet dapat memberikan kemudahan, seperti mudah digunakan, memberikan banyak manfaat, memiliki promosi dan aman untuk diakses oleh penggunanya, maka konsumen akan berminat untuk menggunakan e-wallet.

Keywords


Perilaku Konsumen; Digital Marketing; E-commerce; E-wallet

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2019). List of Electronic Money Operators Licensed By Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia. Payment System License Information, pp. 1–6. Retrieved from https://www.bi.go.id/en/sistem-pembayaran/informasiperizinan/uangelektronik/penyelenggaraberizin/Pages/default.aspx.

Chandra, Gregorius. 2001. Pemasaran Global. ed 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Cui, Y., Mou, J., Cohen, J. et al. (2019). Understanding information system success model and valence framework in sellers’ acceptance of cross-border e-commerce: a sequential multi-method approach. Electronic Commerce Research, 19(4), 885–914. https://doi.org/10.1007/s10660- 019-09331-0.

Dac-Nhuong Le dkk (eds.). 2019. Cyber Security in Parallel and Distributed Computing. Scrivener Publishing LLC:Vietnam. Hal. 245–262.

Harini, C. and Rohman, A. (2020) ‘Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), pp. 701–706. Available at: https://online- journal.unja.ac.id/JKAM/article/vi ew/11846.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L.. (2012). Marketing Management (14th ed.) New Jersey: Prentice Hall.

Laudon, K., dan Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education, 2009.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan 1st ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo