Pengaruh Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Mikro Kecil (IMK) Di Kota Gorontalo (Studi Pada Kerajinan Karawo)

Nur Ihsan Nue, Idris Yanto Niode, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap keunggulan bersaing Industri Mikro Kecil (IMK) di Kota Gorontalo (Studi Pada Industri Kerajinan Karawo di Kota Gorontalo) secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 46 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Lingkungan internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 15,00%. (2) Lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29,10%. (3) Lingkungan internal dan lingkungan eksternal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya dampak yang baik dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo. Hasil koefisien determinasi yakni sebesar 44,10% sehingga determinasi pada keunggulan bersaing dapat pula dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini yakni promosi, persepsi konsumen dan inovasi pada produk Karawo.

Keywords


Keunggulan Bersaing; Lingkungan Internal; Lingkungan Eksternal

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta. Rineka Cipta.

Anna Wulandari. 2009. Pengaruh pengaruh lingkungan eksternal Dan lingkungan internal terhadap orientasi Wirausaha dalam upaya meningkatkan Kinerja perusahaan Kewirausahaan.jurnal Pengembangan wiraswasta vol. 11 no. 2 agustus 2009 : 142 – 152

David, Fred R dan Forest R. David. 2017. Manajemen Strategis; Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Novitas Puspa Sari & Lisa Nurbani (Penterjemah). Jakarta: Gramedia.

Dirgantoro, Crown. 2007. Manajemen Strategi: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Cetakan Ketiga. PT. Grasindo. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Helia Renita, Naili Farida dan Bulan Prabawani. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun 2015, Hal. 1-11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php

Mendo, Andi Yusniar Idris Yanto Niode, Rahmawati Hasim, Vivin R. Daud. 2021. Economic Potential By Msmes At Coastal Area: Evidence Of Bone Balango Regency In Indonesia. Dinasty International Journal Of Education Management And Social Science. Volume 3, Issue 1, October 2021 E-ISSN : 2686-6331, P-ISSN : 2686-6358

Niode, Idris Yanto. 2012. Analisis Strategi Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Sektor Usaha Kecil Menengah di Kota Gorontalo (Studi Kasus Industri Meubel di Kota Gorontalo). Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISMA). Volume 4. No.2 Februari 2012. ISSN 1979-7192. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNESA

Ingga, Ibrahim. 2008. Pengaruh Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, Strategi Kepemimpinan Biaya, Diferensiasi Terhadap Nilai Pelanggan dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Volume 7.Nomor 2 Mei 2009. ISSN 1963 - 5241

Kuncoro, Engkos Achmad & Riduwan. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta. Erlangga

Lestari, Endah Prapti. 2011. Pemasaran Strategik Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nurlina, NLP. Ria, Suparta dan Sutjipta. 2013. Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, dan Rahasia Jiwa Kewirausahaan sebagai Landasan Strategi Diferensiasi, serta Pengaruhnya terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Tanaman Hias di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 1, No. 2, Oktober 2013 ISSN: 2355-0759

Pearce, II John A dan Richard B. Robinson, Jr. 1997. Manajemen Strategi: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jilid Satu. Bina Rupa Aksara. Jakarta

Porter, Michael . E. 2004. Competitive Strategy. Agus Maulana (Penterjemah). Strategi Bersaing. Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing.Penerbit Erlangga, Jakarta

Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung. Alfabeta

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metode Penelitian.Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sulieman Ibraheem Shelash Al-Hawary & Ahmad Mousa AL-Hamwan. 2017. Environmental Analysis and its Impact on the Competitive Capabilities of the Commercial Banks Operating in Jordan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences Vol. 7, No.1, January 2017, pp. 277–290

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D). Cetakan ketujuh belas. Bandung: ALFABETA

Titahena, Daniel Alexander., Abdul Syukur & Dwiarso Utomo. 2012. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi KewirausahaanTerhadap Kinerja Pemasaran Dengan Intervening Keunggulan Bersaing. Junal Manajemen. Universitas Dian Nuswantoro. Diakses 15 Oktober 2021

Umar, Husein. 2008. Strategic Management in Action. Konsep, Teori dan Tekni Menganalisis Manajemen Strategis SBU Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David dan Wheelen – Hunger. Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Umar, Husein. 2003. Desain Penelitian Manajemen Strategi. Cara Mudah Mene Cetakan Kelima. PT. Iti Masalah-Masalah Manajemen Strategik Untuk Skripsi, Tesis dan Praktik Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Yadi Fakhruzein Terang Jaya, Muhammad Nasir & Pramesti Dewi. 2021. The Impact of External Environment on Competitive Advantage through SME Differentiation Strategy in Central Java. Universal Journal of Management 9(2): 38-43, 2021

Yivije Borici Kraja an Elez Osmani.2015. Importance of external and internal Environment in creation of Competitive advantage to smes. (case of smes, in the northern region of Albania). European Scientific Journal May 2015 edition vol.11, No.13 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo