Pengaruh Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Guru Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango

Saskia Ramadanti Tubagus, Andi Yusniar Mendo, Robiyati Podungge

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada guru yang terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah responden berjumlah 90. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan tunjangan profesi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 21% yang berarti variabilitas kinerja guru dapat dijelaskan oleh tunjangan profesi sebesar 21%.

Keywords


Tunjangan Profesi; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. F., & Djatiprambudi, D. (2015). Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Seni Budaya SMP di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03(02), 137–143.

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Barrios, J. P. R. M. B. (2014). Diseño De Un Modelo De Control Interno En La Empresa Prestadora De Servicios Hoteleros Eco Turisticos Nativos Activos Eco Hotel La Cocotera, Que Permitira El Mejoramiento De La Informacion Financiera, 97.

Dwianto, A. S., Purnamasari, P., & Tukini, T. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Jaeil Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 209–223.

Fauziah, S., Sunuharyo, B., & Utami, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Langsung Dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Dan Kinerja Karyawan Studi pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Celaket Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 178–187.

Firsda, E., Arafat, Y., Wahidy, A., Negeri, S., & PGRI Palembang, U. (n.d.). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. 2012, 82–86.

Handayani, T. (2015). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Utilitas, 1(1), 24–34.

Hutabarat, W. (2015). Investigation of teacher job-performance model: Organizational culture, work motivation and job-satisfaction. Asian Social Science, 11(18), 295–304. https://doi.org/10.5539/ass.v11n18p295

Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Guru, K. (2005). Output Drive From Processes, Human or Otherwise ”. 15–53.

Johanariah. (2018). Analisa Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Gembira Loka Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 1–36.

Jasmani & Mustofa, Syaiful. (2013). Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Kenelak, D., Pio, R., & Kaparang, S. (2016). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 4(4), 1–10.

Maryanti, R. D., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). The effect of principal supervision and teacher work motivation on teacher job satisfaction. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 738.

Parsa, I. M. (2017). Evaluation Study Effect of Allowances and Job Creativity—The Performance of the Teacher in Secondary Vocational School Province of East Nusa Tenggara. International Education Studies, 10(8), 96.

Pemberian, P., Profesi, T., Kinerja, T., Guru, M., & Smpn, D. I. (2015). Ratu Tiara Restu P., 2015 Pengaruh Pemberian Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Smpn Se-Rayon 03 Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia

Phytanza, D. T. P., & Burhaein, E. (2020). The Effects Of Tenure, Teacher Certification, And Work Motivation On Special Needs Teacher Performance. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 4348–4356.

Roza, N., Bachruddin, S., & Luturlean, S. E. (2019). Pengaruh Manfaat Pemberian Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Pelayanan Sumber Daya Manusia PT. Pos Indonesia (PERSERO) Bandung Effect of Benefits of Compensation on Employee Performance in the Human Resources Division of PT. Pos I. E-Proceeding of Management, Vol. 6 No.(2355–9357), 11.

Sertifikasi, P., Guru, P., Motivasi, T., Dan, K., Guru, K., Smk, D. I., Murwati, H., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Maret, U. S. (2012).

Situma, R. N. (2015). Motivational Factors Affecting Employees ’ Performance in Public Secondary Schools in Bungoma North Sub County , Kenya. 1(5), 140–161.

Suderajat, S., & Rojuaniah, R. (2021). The Effect Of Teacher Profesional Allowance And Job Satisfaction Toward Organizational Commitment (A Study On Private Islamic Junior High Schools Teachers In Tangerang Regency). International Journal of Social and Management Studies, 2(2), 78–90.

Suharsaputra, Uhar. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Taufik. (2019). Pengaruh Sertifikasi Dan Tunjangan Profesi Terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Lahat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Thamrin, M. F., Semmaila, B., & Aminuddin. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Salo Cabang Pinrang. Paradoks. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 148–156.

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). School Teachers in Gorontalo Province , Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347–360.

Wayan, N., Astiti, P., Wilian, S., & Sridana, N. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Seni Budaya Slta Di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 40–48.

Wekesa, Jane Nelima; Nyaroo, S. (2013). Secondary School Teachers in Eldoret Municipality. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(6), 1–4.

Wenno, I. H. (2016). Effect of Principal Managerial Leadership and Compensation towards Physics Teacher Performance in Senior High School in Baguala District-Ambon. International Education Studies, 10(1), 233.

Widayati, K. D. (2019). Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Jatiwaringin X Bekasi. In Widya Cipta. Jurnal Sekretari dan Manajemen (Vol. 3, Issue 1, pp. 17–24).

Yaman, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tunjangan Profesi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Makassar. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 2(1), 29–48.

Zhao, Q., & Wei, Y. (2019). Research on Performance-based Salary Distribution System of Vocational College Teachers Based on Fair Incentives. 347(Icedem), 16–20.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo