Analisis Saluran Distribusi Di PT. Awet Sarana Sukses Gorontalo

Alpianto Zakaria, Idris Yanto Niode, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) efektivitas saluran distribusi di PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo (2) faktor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi di PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo . Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1)       Rata-rata skor efektivitas saluran distribusi di PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo sebesar 91,02% yang berada pada kriteria yang “efektif”. Hal ini menunjukan bahwa PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo mampu untuk melakukan distribusi dengan baik sesuai dengan target dimana Jenis saluran distribusi yang di terapkan PT. awet Sarana Sukses adalah saluran distribusi intensif dimana strategi distribusi yang menempatkan produknya pada banyak otlet/toko dan pengecer diberbagai tempat. Distribusi intensif ini efektif digunakan untuk barang-barang convenience atau barang-barang kebutuhan sehari-hari yang tidak memakan tempat dan tidak memerlukan keahlian tenaga penjual, seperti rokok, sabun mandi, dan sembako. (2) Rata-rata skor Faktor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi di PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo sebesar 88,12% yang berada pada kriteria yang “cukup efektif”. Hasil ini menunjukan bahwa faktor penting dalam saluran distribusi adalah pasar, produk, perantara dan perusahaan dimana dari empat aspek ini faktor perantara dan produk sudah mencapai hasil yang terbaik (efektif), namun untuk pasar dan perusahaan masih belum maksimal. Faktor perusahaan menjadi paling krusial pengaruhnya karena perusahaan harus lebih optimal dalam melakukan manajemen dan pengendalian intern dalam salurran distribusi yang konkritnya dengan melakukan pemetaan saluran distribusi berdasarkan aspek geografis wilayah Provinsi Gorontalo dan mengadopsi dua cara dalam distribusi yakni intensif dan selektif serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk distribusi yang lebih efektif dan efisien sehingga sumbangan margin pemasaran dapat diperoleh sebagai nilai tambah ekonomis bagi PT. Awet Sarana Sukses Kota Gorontalo.

Keywords


Saluran Distribusi; PT Awet Sarana Sukses

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Gitosudarmo, Indriyo, 2012. Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Jurnal Ainur mansururi Fadli, Ahmac Fauzi, Dahlan Fanani, (2014) “ Efektivitas Distribusi Fisik Dalam Meningkatkan Penjualan”. Di Download dari file:///C:/Users/Notebook/Downloads/Documents/307-1280-1-PB.pdf

Jurnal M. Hafizk Setyadi, Ahmad Fauzi (2015) “ Analisis Rancangan, Seleksi, Dan Pelaksanaan Saluran Distribusi Internasional Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Luar Negeri” Di download dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/926/1110

Jurnal Samun Jaja Raharja, Ria Arifianti (2015). “ Analisis Saluran Distribusi Hypermarket Di Kota Bandung” Di download dari http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/11542/5333

Kotler & Armstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Indek

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo.

Marius P. Angipora, SE, 2002, Dasar-Dasar Pemasaran. Cet.2. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Philip Kotler, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, Chin Tiong Tan. 1996, Manajemen Pemasaran Perspsektifitas Asia, Educatiaon Asia Pte. Ltd

Sastradipoera, Komarrudin. 2003, Manajemen Marketing, Bandung: KAPPA-SIGMA

Skripsi Amalia Rahmah. (2015). “ Saluran Distribusi Pada PT. Astra International TBK. Honda Cabang Yogyakarta”, Didownload dari https://eprints.uny.ac.id/28107/1/AmaliaRahmah_128081013420.pdf

Skripsi Oky Ardianta. (2013). “Analisis Strategi Distribusi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Salama Nusantara”. https://eprints.uny.ac.id/16159/1/Oky%20Ardiyanta.pdf pada tanggal 4 januari 2019 di Gorontalo

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Willian M. Pride dan O.C. Ferrell, 1995, Pemasaran: Teori dan Praktek Sehari-hari Jilid 1. Alih Bahasa: Danial Wirajaya.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo