Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato

Mohamad Akbar Datau, Muchtar Ahmad, Agus Hakri Bokingo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi (X) terhadap kinerja pegawai (Y) di Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket yang di sebar pada pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 187 orang pegawai, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sejumlah 65 orang pegawai. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrument, uji reliabilitas instrument, uji normalitas data, uji linearitas regresi, uji keberartian regresi, uji keofisien korelasi, uji keofisien determinasi dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis parsial (uji t) ditemukan bahwa nilai t_hitung = 6.591. Sedangkan nilai t_tabel untuk dk (n-k) 65-2 = 63 pada taraf signifikansi α=0.05 adalah 1.998. Nilai t_hitung> t_tabel (6.591 > 1.998). Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Sementara itu besar pengaruh variabel budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato sebesar 0.4081 atau 40.81%, sementara sisanya 59.19% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pengembangan kompetensi, loyalitas, gaya kepemimpinan dan lain sebagainya.

Keywords


Budaya Organisasi; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2021). The Impact of Work Culture nn The Apparatus Work Performance. DiA: Jurnal Administrasi Publik. Vol. 19, No. 1, Hal: 253-261.

Alam, H. V. (2017). Kinerja Dosen. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Asi, L. L. (2021) Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Dosen Universitas Negeri Gorontalo. Journal of Management Science (JMS). Vol 2, No. 1, Hal: 1-24.

Asnawi M. A. (2019). Kinerja Keryawan Perseroan Terbatas: Studi Kasus Atas Pengaruh Fasilitas Kerja dan Karakteristik Pekerjaan. Bone Bolango: Athra Samudra.

Huseno T. (2016). Kinerja Pegawai. Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. Malang: MNC Publishing.

Indrasari M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratnasari S. L., dkk. (2020). Manajemen Kinerja Karyawan. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.

Rivai, V. (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari. Teori ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Robbins, S. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Sudirman dan Bokingo. A. H. (2017). Kinerja Guru Pasca Sertifikasi. Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan. Vol. 31 No. 2, Hal: 98-104.

Sundari S. (2019). Manajemen Kinerja. Bogor: Universitas Pertahanan.

Syam A. R. (2017). Urgensi Budaya Organisasi Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal EDUCAN. Vol.2, No. 1, Hal: 249-262.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

Wahyuni N. W. (2021). Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo