Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food

Atika Mustapa, Rizan Machmud, Djoko L. Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian pada UMKM Jiksau Food. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel konsumen yang menggunakan media sosial pada UMKM Jiksau Food sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Alat analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Jiksau Food yaitu dengan nilai t hitung 7,132 > dari t tabel 1,660. Hal ini menunjukan bahwa UMKM Jiksau Food dapat meningkatkan keputusan pembelian menggunakan media sosial.

Keywords


Media Sosial; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Batee, M. M. (2019).Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar the Influence of Product Promotion Through Social Media Instagram Towards Purchasing Decision in Saka Bistro & Bar. Universitas Telkom, 4(1), 175–179.

Ermawati, E., Husaini, A., & Pakkawaru, I. (2020).Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 36–58.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020).Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34.

Khoiro, F., N.Rachma, & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang ). E – Jurnal Riset Manajemen, 140–153.

Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020).Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.

Novita, D., Astuti, L. S., Anggraini, F., & Lestari, P. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2020, 161–165.

Nurgayatri, A. R. (2016). Pengaruh Promosi Online Pada Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Telkom, 3(1), 2679–2687.

Rahman, M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lewat Internet di Kalangan Mahasiswa. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 103–115.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (6th ed.). Alfabeta.

Triana, N. N., & Fachrury, M. R. (2019). Pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dalam viral marketing di cv seragam sekolah Bhinneka Karawang. 1st Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 1(1), 108–117.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo