Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan PT. Grab Gorontalo)

Aprilia Massie, Rizan Machmud, Andi Juanna

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Grab Gorontalo yang diukur berdasarkan keteapatan waktu, aksebilitas, pelayanan dan harga. Sampel yang digunakan seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 96 subjek dengan 35,4% laki-laki dan 64,6% perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan desktiptif kuantitatif yang ditinjau melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji Koefisien Determinasi diperoleh R Square sebesar 0,621. Hal ini menunjukan bahwa variabel dependen kepuasan pelanggan sebesar 62,1% dipengaruhi variabel independent kualitas pelayanan, sedangkan 37,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anjani, D., & Fatihah, D. C. (2021). ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Car Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). Retrieved from: https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1311

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 2). Retrieved from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713/pdf

Boyd, H.W., O.C, Walker dan J.C, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Erlangga. Jakarta. (Diterjemahkan oleh I. Nurnawan).

Bustam, dkk. (2017) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab-bike”. Jurnal Ilmiah Bongaya. Retrieved from: https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/167

Ella Yunita, (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan PT. GRAB INDONESIA Terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Makassar. Retrieved from: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9022-Full_Text.pdf

Freddy Rangkuti. 2012. Riset Pemasaran. Cetakan ke 11. Jakarta: Percetakan PT. Gramedia.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Jurnal Ecodemica, 2(1), 117-124. Retrieved from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo