Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kuliner Sore Drink di Kota Gorontalo

Dicky Fahriansyah Rasyid, Idris Yanto Niode, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen yang membeli produk usaha Sore Drink di Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow karena jumlah populasi yang tidak diketahui, sehingga jumlah responden berjumlah 96. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.Hasil penelitian menunjukkan Diferensiasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi yang disesuaikan atau angka R Square dalam penelitian ini sebesar 0,597 atau sebesar 59,7%. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 59,7% variabilitas Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh Diferensiasi Produk, sedangkan sisanya sebesar 40,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Diferensiasi Produk; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137–156. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/1229/989

Dani, A. R., Nasution, A. P., & Safri, H. (2021). STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK, CITRA MEREK, TARGETTING, DAN POSITIONING PASAR TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF MINUMAN LEGA DI LABUHANBATU. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Dejawata, T. B., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(2).

Hasan, Ali. 2009.Marketing. Jakarta: Media Presindo.

Izzuddin, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. 6(1), 72–78.

Izzudin, M. I. D., & Dahtiah, N. (2020). Pengaruh Strategi Bisnis dan Sistem Pengendalian Manajemen. Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. … Accounting Literacy Journal, 1(1), 9–19. https://jurnal-akuntansi.polban.ac.id/ialj/article/view/61

Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226–237. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i3.2592

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Benjamin Molan. Edisi kesebelas. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Index.

Kotler, Philip & Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2016. Manajemen Pemasaran Edisi Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Ideks.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson Eduction Limited.

Kurnia, M., & Suwiknyo, M. (2018). Kepuasan Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(01). https://doi.org/10.30651/blc.v15i01.1264

Lestari, S. F., & Gunawan, Y. I. (2020). Dampak Media Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Impact of Advertising Media and Sales Promotion on Cosmetic Product Purchase Decisions). Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(02), 183–192. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmk

Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). PENGARUH INOVASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2, 38–48.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Transportasi Go-Jek Di Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–18.

Muiz, E. (2018). Penerapan Strategi Diferensiasi Memiliki Pengaruh terhadap Kinerja Perusahaan. 8, 26–39.

Muzakki, 2020. "Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dimediasi Oleh Inovasi Produk". Skripsi. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Raharjo, Novie. 2007. Analisis Pengaruh Variabel-variabel Yang Berkaitan Dengan Strategi Diferensiasi Terhadap Kinerja Pasar Dalam Memenangkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.

Reski. (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Smartphone Samsung Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Makassar.Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rusdian, S. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 1 Februari 2021 E - ISSN ( STUDI PADA ROSEBERRY CAKE SHOP GARUT ). 8(1).

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alvabeta cv.

Usman, N. A. S., Mendo, A. Y., & Abdussamad, Z. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/7006




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo