Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital Service (Studi Kasus Nasabah PT. Pegadaian Cabang Limboto)

Elviansri Katili, Andi Juanna, Yulinda L Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa besar pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. 2) seberapa besar pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. 3) seberapa besar pengaruh kualitas system dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2001 nasabah. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 95 responden. Uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel 1) kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna ditunjukkan dengan nilai t-hitung 4,189 > t-tabel 1.986. 2) kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna ditunjukkan dengan nilai t-hitung 3,513 > t-tabel 1.986. 3) kualitas sistem dan kualitas informasi secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service ditunjukkan dengan nilai Fhitung 44,931 < Ftabel 3,0954 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 49,4% dikategorikan sedang, dapat disimpulkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service sedangkan 50,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas layanan dan perceived usefulness.

Keywords


Kualitas Sistem; Kualitas Informasi; Kepuasan Pengguna

Full Text:

PDF

References


Ais, Z. (2012). Sistem Informasi Manajemen. Mira Wacana.

Chen, C. . (2010). Impact of Quality Antecedents on Taxpayer Satisfaction with Online Tax-Filling Systems-An Empirical Study. Information & Management, 47((5-6)), 308–315.

Garrity, E., & Sanders, L. (2012). Information System Success Measurement. Idea Group Publishing.

Guimares, T., D.S, S., & J.D, M. (2017). Empirically Testing Some Main User-Related Factor for System Development Quality. Quality Management Journal, 10(4), 39–54.

Jaya, I. M., & Sundari, J. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Pada SMA Al – Huda Cengkareng. Techno.Com, 16(3), 256–267. https://doi.org/10.33633/tc.v16i3.1407

Jogiyanto, H. (2014). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstuktur, Teori, dan Praktik Aplikasi Bisnis (Ketiga). Andi Offset.

Jogiyanto, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen. Universitas Terbuka.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Laudon, K. ., & Laudon, J. . (2014). Management Information System: Managing The Digital Firm (Ketiga Bel). United State of Amerika.

McLoad, Jr, R., & George, P. S. (2012). Management Information System (10th ed.). Salemba Empat.

O’Brien, J. (2017). Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis dan Manajerial. Salemba Empat.

O’Brien, James A. dan Marakas, George M. 2011. “Management Information Systems, 10th Edition”. McGraw-Hill/ Irwin, New York

Rai, A., Lang, S. ., & Welker, R. . (2011). Assessing the Validity of IS Success Models: An Empirical Test and Theoritical Analysis. Information System Research, 13(1), 29–34.

Risdiyanto, A. (2014). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Sistem Informasi Klinik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rukhmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi ( Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 5(1), 115–142. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/17245

Santoso. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Dan kualitatif. Prestasi Pustaka.

Setyo, D., & Rahmawati, D. A. (2015). Pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan serta kinerja pengguna sistem informasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(1), 47–59. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sudarsono, Arfian Ribut. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Artikel. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. In Bandung: Alfabeta. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi.

Stair, Ralph, and Reynolds, George. 2014. Fundamentals of Information System. 7th Edition. Course –Technology. Cengage Learning, USA

Tjiptono, F. (2016). Manajemen Pemasaran, Manajemen Jasa, Consumer Research (3rd ed.). CV. Andi Offset.

Urbach, N., & Müller, B. (2011). The Updated Delone and McLean Model of Information System Success. ReseachGate, Vol 1, Int (September 2016).

Wirahutama, G. (2011). Ambiguitas Peran sebagai Variabel Moderasi Terhadap Hubungan Antara Kualitas Sistem Informasi dan Kepuasan Pengguna Software Akuntansi Pada DPKAD Kota Semarang. UNDIP.

Zeithaml, Bitner dan Gremier (2018). Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, 7th Edition, Mc Graw Hill Education Internal Ed.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo