Pengaruh Endorsement Terhadap Brand Image Scarlett Whitening Pada Media Sosial Instagram (Studi Pada Agen Scarlett Whitening By Bunga Cosmetics Gorontalo)

Fritania Bonde, Andi Juanna, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh endorsement terhadap brand image scarlett whitening pada media sosial Instagram (studi pada agen scarlett whitening by bunga cosmetics gorontalo). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut Instagram scarlett whitening gorontalo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 reponden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian diolah dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Nilai t dalam penelitian ini 1,984. Hal ini menunjukan jika t-hitung lebih besar dari t-tabel maka hipotesis diterima atau (8,705>1,984). Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,439. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 43,9% variabel Brand image pada Agen Scarlett whitening by bunga cosmetics gorontalo dapat dijelaskan oleh endorsement, sedangkan 56,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Keywords


Endorsement; Brand Image

Full Text:

PDF

References


Agisnawati, A. (2021). … Brand Image Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pada Online Shop (Studi Kasus Konsumen Online shop Shopee Di Kelurahan Kebon Bawang …. 9–32. http://repository.stei.ac.id/4134/%0Ahttp://repository.stei.ac.id/4134/3/BAB II.pdf

Ahmad, A. H., Idris, I., Mason, C., & Chow, S. K. (2019). The Impact of Young Celebrity Endorsements in Social Media Advertisements and Brand Image Towards the Purchase Intention of Young Consumers. 10(5), 54–65. https://doi.org/10.5430/ijfr.v10n5p54

Anizir; Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Serang. Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 0.

Chan, T., & Selvakumaran, D. (2021). The influence of celebrity endorser characteristics on brand image : A case study of Vivo. 13(3), 19–34.

Cholifah, N., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 170–177.

Endorser, C. (2018). jurnal. 8(1), 1–9.

Hermawan, Y. (2017). Analisa Pengaruh Celebrity Endorsement Lee Min Ho Dalam Iklan Luwak White Koffie Terhadap Brand Image Dan Repurchase Intention. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(1), 6.

Image, T. B., & Lestari, M. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Madina, Q., Priono, B., Hariri, A., & Prohimi, A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorse Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Trust Pada Produk Scarlett Whitening Abstrak Celebrity Endorse Brand Trust. April.

Marselina, D., & Siregar, E. H. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor produk dengan endorser . Brand image adalah persepsi terhadap merek yang direfleksi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(1), 15–27.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay ( Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar ). 1(2), 71–83.

Pratiwiningsih, I. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi pada Konsuen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). 1–60.

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica sebagai celebrity endorser terhadap pembentukan brand image Honda Vario. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 1–12. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Bisma/article/view/45

Sabdillah, R., Hidayat, R., Shinta, D., & Lubis, W. (n.d.). eISSN 2504-8457. 1, 112–115.

Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram. 7(1), 100–104.

Setyawati, M. (2015). Penggunaan Maudy Koesnaedi sebagai Celebrity Endorser dalam Iklan Televisi L’oreal Fall Repair 3x terhadap Brand Image L’oreal di Surabaya. Jurnal E - Komunikasi, 3(1), 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/viewFile/3826/3544

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta.

Sutanto, F. (2019). Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser. 4.

Tinggi, P., Di, S., & Serang, K. (2017). No Title. 2, 1–14.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, VIII(1), 80.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image ( Citra Merek ) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo