Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo)

Melisawati Kau, Andi Juanna, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap minat beli konsumen pada online shop shopee. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Nilai t dalam penelitian ini adalah 1,722. Hal ini menunjukkan jika t hitung lebih besar dari t tabel maka hipotesis di terima atau (1,722 > 1,661). Nilai R square dalam penelitian ini adalah variabel faktor sikap dalam menjelaskan variabel minat beli sebesar 0,032 atau 3,2%, sedangkan 96,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel kepercayaan dan variabel promosi.

Keywords


Faktor Sikap; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Adrian Pratama, Dosen Pembimbing, and Irwansyah S Sos. 2021. “Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia” 3 (1).

Almajali, Dmaithan Abdelkarim, and Qais Hammouri. 2021. “Predictors of Online Shopping During Covid-19 Pandemic in Developing Country: Qualitative Analysis” 25 (6): 12970–77.

Analisis Minat Beli Online Pada Shopee. (2020). Volume 1, Nomor 2, Juni 2020, pp. 59-68, 1, 60-68.

Andi, Ricky, Mikhael Chendra, Kelvin Kelvin, and Kevin Anderson. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Penggunaan e-Commerce : Studi Kasus Di Shopee Indonesia Analysis of the Factors That Influence the Interest in Using e- Commerce : A Case Study in Shopee Indonesia” 11 (2): 84–92.

Ayu, S. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 9 (2) 2020: 114-123, 9, 115-123.

Binalay, A.G., Mandey, S.L. & Mintardjo, C.M.O. (2016), Pengaruh Sikap. Norma Subjektif dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manado, Jurnal EMBA, VI (1) : 395-406.

Bisnis, Jurnal Kompetitif. 2020. “( Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Kota Bandar Analysis of Online Purchase Intentionon Shopee ( Study on Shopee Users Students in Bandar Lampung ).”

Dewi dan Ardani. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online di Kota Denpasar. Jurnal Universitas Udayana. Vol. 5 No. 1, hal 650-674.

Harli, Izzatul Islami, and Ali Mutasowifin. 2021. “Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Kesehatan Pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19” 04 (September): 558–72.

Helena, Yohana, and Yovita Sari. 2021. “International Journal Administration , Business & Organization” 2 (2): 33–47.

Herwin. (2019). Pengaruh Personaliti Merek Terhadap Minat Beli Tas. Vol.4, No.3,Oktober 2019: 481-490, 4, 482-490.

Manajemen, Jurnal Riset, Fakultas Ekonomi, Uniat Vol, and Bisnis Kalbis. 2019. “Pengaruh Personaliti Merek Terhadap Minat Beli Tas Esgotado Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening” 4: 481–90.

Minat, Analisis, Beli Konsumen, E-commerce Shopee Selama, and Masa Pandemi. 2021. “International Journal Administration , Business & Organization” 2 (2): 1–11.

Motivasi, Pengaruh, Sikap Konsumen, and Keren Sulistiono. 2019. “Pengaruh Motivasi, Budaya, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie” 7 (3): 319–24.

Neger, Meher, and Burhan Uddin. 2020. “Factors Affecting Consumers’ Internet Shopping Behavior During the COVID-19 Pandemic: Evidence From Bangladesh” 19 (3): 91–104.

Nulufi, Kris, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Universitas Negeri Semarang. 2015.“( Studi Kasus Pada Konsumen International Batik Center Dan.”

Purnama, N. I. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi. e-ISSN: 2797-9679, 1, 553-558.

Putra, Putu Eka Yusdiawan dan Ida Bagus Sudiksa. (2016). Peran Sikap Dalam Memediasi Hubungan Antara Harga Dengan Niat Beli Smartphone Merek Samsung. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 10, pp6762-6794

Ramadan, I. N. (2021). Analysis Consumer Buying Interest of Shopee E-Commerce During. International Journal Administration, Business and Organization, Vol. 2 (2), 2021: 1-11, 2, 1-11.

Sinta, Mey, Etika Dewi, and Andhatu Achsa. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen : Studi Pada Online Shop Shopee” 20 (1): 80–87.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo