Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo

Citrawati Fadjar, Andi Juanna, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo. 2) pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo. 3) pengaruh gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 96 orang. Uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa 1) gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian di tunjukkan dengan nilai t hitung 2,507 > t tabel 1,985. 2) Sikap Konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,909 > t tabel 1,985. Sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 30,901 < F tabel 3,09 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya Gaya hidup dan Sikap Konsumen secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian produk pakaian dirumah Pernik kota Gorontalo. Berdasarkan perhitung koefisien determinasi menunjukkan R sebesar 39,9% dikategori rendah, dapat disimpulkan bahwa 3) gaya hidup dan sikap konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pakaian dirumah Pernik kota Gorontalo sedangkan 60,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas, produk, harga dan promosi.

Keywords


Gaya Hidup: Sikap Konsumen; Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6712

Andriani, A. D., & Menuk Sri, C. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 2(1), 2746–8607.

Calistya, N., & Nurtjahjani, F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Chatime Cabang Suhat Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 1–4.

Chairunisa, D. (2018). Landasan teori gaya hidup. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699. http://repo.darmajaya.ac.id/515/3/BAB II.pdf

Elzatta, D. I., & Malang, K. (2018). keputusan pembelian produk moslem fashion.

Estu Mahanani. (2018). Pengaruh citra merek, Kualitas produk, Harga dan Gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Mataharimall.Com. Ikraith-Humaniora, 2.

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). pengaruh etnosentrisme, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian batik (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 236–253. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86

Fitriani, Desi Ramayani, Citra Areva, D. (2014). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik POND’S pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–9

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi-Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Gultom, Angga Wibowo. 2017. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Batu Akik Di Kota Baturaja”. Jurnal Manajemen. Vol. 5 (2) ISSN 2089-6832: Hal. 1-15

Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 14–22. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.406

Khafid, M., Semarang, U. N., Pujiati, A., & Semarang, U. N. (2016). Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Mahasiswa Dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui Minat Beli. Journal of Economic Education, 5(2), 110–121.

Laoli, EPF., dkk. 2019. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk GTMAN Di PT. Jasa Ricky Abadi”. Jurnal Ilmiah Socio Secretum. Vol. 9 (1) ISSN : 2252-9179: Hal. 168-182.

Mongisidi, S. J., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (n.d.). pengaruh lifestyle dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu nike (studi kasus manado town square

Minarti, M. S. (2020). Pengaruh gaya hidup, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada toko online shopee. Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 4(3), 210–217. http://repository.upbatam.ac.id/217/1/cover s.d bab III.pdf

Mukuan, D. D. S. (2020). Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. 1(3), 256–260.

Neneng, L. A., & Rachmi, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Loka Supermarket Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 74–79.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : CV Alfabeta

Rahmadika, N. A., & Kritianingsih, T. (2018). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levi’s. Aplikasi Bisnis, 4(2), 301–305. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/226

Rahmat, A. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pelanggan. Jurnal Manajemen, 21(3), 350. https://doi.org/10.24912/jm.v21i3.256

Shiratina, Aldina dan Afiatun, Pipit. 2017. “Pengaruh Presepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kain Rajut (Studi Kasus Pada CV. Sinar Agung)”. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen. Vol. 7 (1) ISSN : 2338-292X, P-ISSN : 2086-0455: Hal. 90108.

Saptutyningsih dan Setyaningrum. (2019). Metode Penelitian. 1–9.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Y. Suharsono. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Sianturi, D. (2021). universitas sumatera utara Poliklinik. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapnnya Dalam Pemasaran Edisi 2. Bogor : Graha

Setiadi, Juli Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen: edisi revisi. Jakarta: Kencana.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (2nd ed.; R. Sikumbang, ed.). Bogor.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen.Andi, Yogyakarta

Sakdiyah, M., Frianto, A., Sugi, L., & Ningsih, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Onlineshop Pusathijabsyaree Surabaya). 3, 226–244.

Solihin, W. A., Tewal, B., Wenas, R., Sikap, P., Dan, K., Hidup, G., Keputusan, T., Pada, S., Unsrat, M., Manado, D. I., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27819

Yonathan, K., Miauw, H., Manajemen, F., & Ciputra, U. (2016). motivasi konsumen dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo