Pengaruh Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Kuliner Ayam Geprek Di Era Pandemi Covid-19 Di Kota Gorontalo

Yakob Nina, Raflin Hinelo, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. 2) pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. 3) pengaruh inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 77 rumah makan ayam geprek. Uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara parsial inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan nilai t hitung 2,897 > t tabel 1,665. 2) Secara parsial keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan nilai t hitung 4,903 > t tabel 1,665. 3) Sedangkan secara simultan inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan uji F, dimana F hitung 34,435 < F tabel 3,118642 dengan tingkat signifikansi 5%. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing dalam menjelaskan variabel kinerja pemasaran sebesar 0,482 atau 48,2% masuk dikategori sedang, sedangkan 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel promosi, keunggulan produk baru, dan tingkat kesuksesan produk baru.

Keywords


Inovasi Produk; Keunggulan Bersaing; Kinerja Pemasaran; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Dahmiri, Sylvia Kartika, Wulan Bhayangkari, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economics, Business, 5(2), September 2021, 434-438.

Falahat, Mohammad, T. Ramayah, Pedro Soto-Acosta, and Yan Yin Lee. 2020. “SMEs Internationalization: The Role of Product Innovation, Market Intelligence, Pricing and Marketing Communication Capabilities as Drivers of SMEs’ International Performance.” Technological Forecasting and Social Change 152(November 2019): 119908. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119908.

Farchan, Fauzi. 2018. “Strategi MSDM Sebuah Cara Menciptakan Kinerja Organisasi Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4(1, March): 42–52.

Firmansyah, I. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey Di Sentra Keripik Singkong Pedas Cimahi). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fisun, A. dan. (2014). Service quality and staff attitude. 2011, 1–9.

Mone, R. (2019). 3 Data Terbaru Soal Bisnis Ayam Geprek di Indonesia Tahun 2018. https://mnews.co.id/read/tren-bisnis/3-data-terbaru-soal-bisnis-ayam-geprek-di-indonesia-tahun-2018-penasaran/

Nasir, A. (2017). The Influence Of Product Innovation Toward Marketing Performance At Furniture Companies In Pasuruan Regency. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Vol. 5 No. 1 Tahun 2017.

Nasir, A. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel Di Kabupaten Pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 17. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528

Nizam, Mohammad Fatih, Eva Mufidah, and Vita Fibriyani. 2020. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm.” Jurnal EMA 5(2): 1214–24.

Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66. https://doi.org/10.31959/jm.v7i1.78

Rachman, T. (2018). Pengaruh Green Product terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Minum Merek Aqua. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Sefianti, S., Arsa, A., & Kurniawan, B. (2020). Pengaruh Orientasi Psar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pabrik Tahu Lorong Koni 1 Kecamatan Jelutung Kota …. http://repository.uinjambi.ac.id/5313/

Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.32505/v4i2.1254

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87. https://media.neliti.com/media/publications/149462-ID-pengaruh-orientasi-pasar-inovasi-dan-kre.pdf

Yosi Fadhilah, Syahmardi Yacob, Tona Aurora Lubis. 2021. “Keunggulan bersaing sebagai Intervening Pada Ukm Di Kot a Jambi.” 10(01): 1–15.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo