Pengaruh Diferensiasi Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keunggulan Bersaing Sepeda Motor Suzuki Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cabang Gorontalo

Zulfikar Laisa, Hapsawati Taan, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Diferensiasi Pelayanan, dan Promosi terhadap Keungggulan Bersaing Sepeda motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab. Gorontalo. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Diferensiasi Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing sepeda motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab. Gorontalo. Sedangkan Promosi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keunggulan Bersaing. Sedangkan secara simultan Diferensiasi Pelayanan dan Promosi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keunggulan Bersaing sepeda motor pada PT. Sinar Galesong Mandiri cab. Gorontalo. Hal ini membuktikan bahwa strategi diferensiasi pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Saran untuk lebih meningkatkan penerapan diferensiasi pelayanan, maka perusahaan perlu memperhatikan aspek kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan serta pemeliharaan dan perbaikan.

Keywords


Diferensiasi Pelayanan; Promosi; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. (2016). manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. ALFABETA.

Barney, J. B., & Hesterly, W. (2008). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson Education, Inc.

Dewi, N. P. D. E., & Seminari, N. K. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6120–6140.

Jeklin, A. (2016). PENGARUH PROMOSI, MARKET ORIENTATION, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING. July, 1–23.

Kotler, & Amnstrong. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen, jilid 1 (B. Sabino (ed.); edisi 12 T). Erlangga.

Kotler, Philip, & Susanto, A. . (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Salemba empat. di akses 29 september 2021

Lombonaung, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Pada Maskapai Penerbangan Pt. Garuda Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4415–4424. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18637

Nugroho, R. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Pada Maskapai Penerbangan ( Studi Pada Maskapai Penerbangan Lion Air Di Kota Semarang ). 586.

Oktapriani, R., Muniroh, L., & Eldine, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Online Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi kasus pada UMKM Tas Desa Bojong Rangkas , Kabupaten Bogor ). 13–23.

Porter, michael E. (1990). Kenggulan Bersaing, Menciptakan dan mempertahankan Kinerja Unggul. Erlangga.

Swastha. (1991). Manajemen Pemasaran Modern,. LIberty.

Susanto, A. (2018). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. In Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). ALFABETA.

Teryy, G. (2004). prinsip-prinsip Manajemen (Terjemahan). Bumi Aksara.

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97

Tampi, N. H. R. (2015). ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK, DIFERENSIASI LAYANAN DAN DIFERENSIASI CITRA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada PT.Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4), 68–81.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo