Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Memilih Grab Bike Di Kota Gorontalo

Anggit Usuli, Abd Rahman Pakaya, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Grab Bike di Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grab Bike di Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 32,70%. (2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grab Bike di Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 38,70%. (3) Kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grab Bike di Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 71,40%. Sedangkan sisanya sebesar 28,60% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga, psikologi dan persepsi konsumen, kompetensi driver dalam meyakinkan konsumen dan faktor kualitas produk (transportasi) yang digunakan oleh driver.

Keywords


Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan; Promosi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Dahlan, Hamir, N. , Nor, N. M. , Jayaraman, K. , & Rostum, A. M. M. (2018). Food quality, service quality, price fairness and restaurant re-patronage intention: The mediating role of customer satisfaction. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(17), 211–226. https://doi. org/10. 6007/IJARBSS/v8-i17/5226

Abdullah, Dnma, & Rozario, F. (2009). Influence of Service and Product Quality towards Customer Satisfaction: A Case Study at the Staff Cafeteria in the Hotel Industry. Proceedings of World …, 3(5), 1–6.

Al-Tit, A. A. (2015). The effect of service and food quality on customer satisfaction and hence customer retention. Asian Social Science, 11(23), 129–139. https://doi. org/10. 5539/ass. v11n23p129

Albesta, M. (2013). Pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Caffe Warunk UPNormal Kota Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Daga, R. (2019). Buku 1 , Citra , Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue November).

Farhan, A. nata prasetya muhammad. (2019). The Analysis Of Food Quality And Service Quality Of Duta Catering Towards Customer Satisfaction And Brand Loyalty. Journal of Research in Management, 1(4), 42–50. https://doi. org/10. 32424/jorim. v1i4. 57

Kotler, P. , & Keller, K. L. (2010). If you no longer require this review copy, please return it to Pearson Education and we will donate $1 to Jumpstart for children who need our help. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 1, 662.

Kotler, P. , & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. , Jilid 1.

Nancy, C. S. , Varel, J. C. , & Hanjaya, S. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan, Higienitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Di Restoran Dapur Terbuka Di Surabaya. 67–76.

Petzer, D. , & Mackay, N. (2014). Dining Atmospherics and Food and Service Quality as Predictors of Customer Satisfaction at Sit-down Restaurants. Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 3(2), 1–14. http://www. ajhtl. com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_37_vol_3_2_nov_2014. pdf

Potter, N. N. , & Potter, N. N. (1986). Food Dehydration and Concentration. In Food Science. https://doi. org/10. 1007/978-94-015-7262-0_10

Rahmawati, K. N. (2017). pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di kedai bangsawan klaten.

Restuti, S. (2019). The Effect of Quality of Physical Environment, Food and Service on CRestuti, S. (2019). The Effect of Quality of Physical Environment, Food and Service on Customer Satisfaction and Behavioral Intentions in Pekanbaru. European Journal of Business and Manag. European Journal of Business and Management, 11(29), 1–11. https://doi. org/10. 7176/ejbm/11-29-02

Rozekhi, N. A. , Hussin, S. , Siddiqe, A. S. K. A. R. , Rashid, P. D. A. , & Salmi, N. S. (2016). The Influence of Food Quality on Customer Satisfaction in Fine Dining Restaurant: Case in Penang. International Academic Research Journal of Business and Technology, 2(2), 45–50.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sianipar, R. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Food Junction Canteen Universitas Pelita Harapan Karawaci. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Stefen, Y. , & . E. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik dan Kualitas Makanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Kampoeng Kita. ULTIMA Management, 10(2), 129–143. https://doi. org/10. 31937/manajemen. v10i2. 981

Wijaya, W. (2017). Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2002, 581–594.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo