Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Bank Ntb Syari’ah Cabang Bima

Sandra Wulansari, Mulyadin Mulyadin

Abstract


Kepuasan kerja   merupakan   suatu   sikap    yang   positif   yang   menyangkut penyesuaian diri dari para karyawan terhadap kondisi dan situasi kerja, termasuk didalamnya upah, kondisi sosial kondisi fisik dan kondisi psikologis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor kepuasan kerja karyawan PT. Bank NTB Syari’ah Cabang Bima. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 35 karyawan dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Dalam penelitian ini kepuasan kerja akan diukur dengan indikator yaitu gaji, promosi, rekan kerja dan motivasi.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan alat analisis pendekatan kuantitatif dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   karyawan PT. Bank NTB Syari’ah Cabang Bima merasakan kepuasan kerja yang tinggi. Indikator tertinggi dalam kepuasan kerja yang dirasakan karyawan adalah indikator komunikasi dengan rekan kerja yaitu komunikasi atau informasi dari atasan maupun rekan kerja mengenai tugas-tugas kerja yan disampaikan dapat dimengerti dan cukup jelas, da indikator terendah  dalam  kepuasan kerja  yang dirasakan karyawan adalah indikator motivasi dan prosedur kerja yaitu adanya berbagai peraturan perusahaan yang dapat mempersulit pekerjaan. Tetapi dapat dikategorikan dari semua indikator yang ada bahwa kepuasan kerja pada karyawan sudah terpenuhi. Dengan demikian disarankan kepada PT Bank NTB Syari’ah Cabang Bima untuk mengkaji lagi mengenai prosedur yang ditetapkan di perusahaan.

Keywords


Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


As’ad, M. 2012. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia :Psikologi Industri. Edisi Keempat. Yogyakarta. Liberty.

A.B. Santoso 2013. Analisis Kepuasan Kerja Pegawai Bank X Bandung. Bandung: Universitas Widyatama. Jurnal Forum Manajemen Indonesia (FMI), Vol. 5

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Brown & Ghiselli dalam Edy.S, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Edy Sutrisno, 2015, Manajemen Sumbe Daya Manusia. Jakarta. Kencana

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasibuan, Malayu S.P , 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia cetakan keenam belas, Jakarta. PT.Bumi Aksara.

Rindyantika, A dan Safitri,N, 2016. Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Berdasarkan Job Satisfaction Survey. Jakarta: Universitas Indonesia. Jurnal FISIP UI, Vol.4, No.9.

Mulyadi dan Johny Setiawan,.2005. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen, Sistem Pelipat Ganda, Kinerja Perusahaan, Jakarta. Rineka Cipta

Rivai, V. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teorike Praktik. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Robbin, S.P. & Judge, T.A., 2015, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Wibowo, 2015. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok. PT. Raja Grafindo Persada.

Wijono, S. 2007. Kepuasan dan Stres Kerja. Salatiga. Widya Sari Press.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo