Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Variabel Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Abdulrahman Putra Palilati, Zainal Abidin Umar, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada IKM Tinelo Kab Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analys). Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (3) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (4) Kualitas produk yang dimediasi oleh kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. Sehingga variabel kepuasan konsumen mampu menjadi variabel intervening (mediasi) yang baik dalam meningkatkan pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.

Keywords


Loyalitas Konsumen; Kepuasan Konsumen; Kualitas Produk

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek, Manfaat Nilai Suatu Merek. Setakan I. Mitra Utama. Jakarta

Aaker and Kevin L. Keller 2013. Consumer Evaluation of Brand Extension. Jounar of Marketing Vol. 54 ,No 2.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian

untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas

Diponegoro.

Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, ALFABETA.Bandung.

Anggraeni, Dita Putri., Srikandi Kumadjidan Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 37 No. 1 Agustus 2016.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa

Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling, Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LKIS

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Media Utama, Customer Loyality, Yogyakarta.

Husodho, widyaninggar resti. 2015. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada obyek wisata dumilah water park madiun. Equilibrium, Volume 3, Nomor 2, Juli 2015

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika “Teori, Konsep, Dan Aplikasi Dengan SPSS 17”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kusuma, Nanda Primidya., Imam Suyadi dan Yusri Abdillahsa. 2014. Analyzing The Effect Of Product Quality On Customer Satisfaction And Customer Loyalty In Indonesian SMEs. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 1 September 2014

Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas Jilid 1. Dialih bahasakan oleh: Bob Sabran. Jakarta: Eirlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gery. 2004. DasarDasar Pemasaran. Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Alexander Sindoro. Jakarta: PT Indeks.

Laksana, Fajar. 2002. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Andi Offset. Yogyakarta

Mohsan Faizan., Muhammad Musarrat Nawaz., M. Sarfraz Khan and Numan Aslam 2011. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty and Intentions to Switch: Evidence from Banking Sector of Pakistan. International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 16; September 2011

Purnamasari, I.G.A Y. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja. Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP) Volume: 5 Nomor: 1 Tahun: 2015

Riduwan dan Lestari, Tita, (2007). Dasar-dasar Statistika, Bandung : Alfabeta

Syafarudin, Afriapollo 2021. The Effect of Product Quality on Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty in the Era Covid-19. P-ISSN: 2714-9838; E-ISSN: 2714-9846 Volume 2, Issue 1 January 2021

Suharyono dan Mifta Elfahmi. 2021. The Effect of Product Quality, Price Perception and Promotion on Customer Satisfaction and its Impact on Customer Loyalty of PT Makmur Jaya Agro Pesticides. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences Vol 4 Issue 1 2021.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. Gregorius Chandra dan Dedi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi 1, Bayumedia Publishing, Malang.

Umar, Husein. 2005. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yamit, Zullian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo