Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada UMKM Di Kota Gorontalo Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Zoellen Sagela)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.
Chen, H., Xu, H., Yenti Sumarni, Siaha Widodo, A., Pujayanti, D. A., Ishatono, I., Raharjo, S. T., Aristi, N. M., & Pratama, A. R. (2020). Μ 2 -1,2-. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 159. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Eka, A., Ningrum, K., Indah Juita, A., Yolanda, F., Hersa, N., & Suriyanti, L. H. (2021). Analisis Manajemen Strategi bagi UMKM di Pekanbaru Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 N(34), 2888–2895.
David, F.R. 2011. Strategic Management: Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Selemba Empat.
David, F. R. (2011). Strategic Management Concept and Cases. England: Pearson Education Limited.
David, F. R. dan Forest R. David (2016), Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Edisi 15, Terjemahan oleh NovitaPuspasari dan Liza N. Puspitasari, Jakarta: Salemba Empat.
Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing UMKM Rumah Makan di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 245-253.
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95.
Firdaus, R. (2021). Strategi Bertahan Dan Promosi Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang). JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19, 102–114. http://www.stiepertiba.ac.id/ojs/index.php/jem/article/view/116
Foris, P., & Mustamu, R. (2015). Analisis Strategi pada Perusahaan Plastik dengan Porter Five Forces. Agora, 3(1), 736–741. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2986
Ginting, M. S. (2021). Analisis Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) J-City Sektor Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19.
Hanum, a. N., & sinarasri, a. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm di wilayah kota semarang). Maksimum media akuntansi, vol. 1(no. 1), 1–15.
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998).
Hunger, D., dan T. Wheelen. (2001). Strategic Management and Business Policy. New Jersey: Pearson Prentice
Indarty, D., & Susanti, D. (2021). Analisa Porter Five Force Dalam Upaya Meningkatkan Strategi Bersaing. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(6), 505–517.
Khoirunnisa, A. (2020). Analisis Penerapan Strategi Generik Porter Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (Studi Kasus Bisnis Kuliner Sehat “Naturicha Healthy Food and Drink”). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 275-291.
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, (2003), “Marketing management”, 11th edition/ International Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Langdon, R. J., Yousefi, P. D., Relton, C. L., & Suderman, M. J. (2014). Pengaruh Lingkungan Eksternal, Internal dan Etika Bisnis terhadap Kemitraan Usaha serta Implikasinya pada Kinerja Usaha Kecil. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 68–88. https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/10
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Inovasi Penelitian, 1(12), 2655–2660.
Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Porter, Michael. 2000. Strategi Bersaing. Jakarta: Erlangga.
Porter, M. E. 2011. Keunggulan Bersaing.Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
Porter, M. E. (1987). Competitive Strategy Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York : The Free Press.
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk Ukm Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171–185.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, c, 346. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf
Ribek, P. K., Purnawati, N. L. G. P., & Widyawati, S. R. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bean Sprouts Di Masa Pandemi Covid 19 Di Bali. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 97-108.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.