Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada UMKM Di Kota Gorontalo Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Zoellen Sagela)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139-146.
Chen, H., Xu, H., Yenti Sumarni, Siaha Widodo, A., Pujayanti, D. A., Ishatono, I., Raharjo, S. T., Aristi, N. M., & Pratama, A. R. (2020). Μ 2 -1,2-. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 159. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Eka, A., Ningrum, K., Indah Juita, A., Yolanda, F., Hersa, N., & Suriyanti, L. H. (2021). Analisis Manajemen Strategi bagi UMKM di Pekanbaru Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 N(34), 2888-2895.
David, F.R. 2011. Strategic Management: Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Selemba Empat.
David, F. R. (2011). Strategic Management Concept and Cases. England: Pearson Education Limited.
David, F. R. dan Forest R. David (2016), Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Edisi 15, Terjemahan oleh NovitaPuspasari dan Liza N. Puspitasari, Jakarta: Salemba Empat.
Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing UMKM Rumah Makan di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 245-253.
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95.
Firdaus, R. (2021). Strategi Bertahan Dan Promosi Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang). JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19, 102-114. http://www.stiepertiba.ac.id/ojs/index.php/jem/article/view/116
Foris, P., & Mustamu, R. (2015). Analisis Strategi pada Perusahaan Plastik dengan Porter Five Forces. Agora, 3(1), 736-741. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2986
Ginting, M. S. (2021). Analisis Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) J-City Sektor Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19.
Hanum, a. N., & sinarasri, a. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm di wilayah kota semarang). Maksimum media akuntansi, vol. 1(no. 1), 1-15.
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998).
Hunger, D., dan T. Wheelen. (2001). Strategic Management and Business Policy. New Jersey: Pearson Prentice
Indarty, D., & Susanti, D. (2021). Analisa Porter Five Force Dalam Upaya Meningkatkan Strategi Bersaing. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(6), 505-517.
Khoirunnisa, A. (2020). Analisis Penerapan Strategi Generik Porter Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (Studi Kasus Bisnis Kuliner Sehat "Naturicha Healthy Food and Drink"). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 275-291.
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, (2003), "Marketing management", 11th edition/ International Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Langdon, R. J., Yousefi, P. D., Relton, C. L., & Suderman, M. J. (2014). Pengaruh Lingkungan Eksternal, Internal dan Etika Bisnis terhadap Kemitraan Usaha serta Implikasinya pada Kinerja Usaha Kecil. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 68-88. https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/10
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Inovasi Penelitian, 1(12), 2655-2660.
Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48-54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Porter, Michael. 2000. Strategi Bersaing. Jakarta: Erlangga.
Porter, M. E. 2011. Keunggulan Bersaing.Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
Porter, M. E. (1987). Competitive Strategy Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York : The Free Press.
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk Ukm Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171-185.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, c, 346. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf
Ribek, P. K., Purnawati, N. L. G. P., & Widyawati, S. R. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bean Sprouts Di Masa Pandemi Covid 19 Di Bali. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 97-108.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16495
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.