Pengaruh Digital Marketing Dan Sistem Cash On Delivery Terhadap Peningkatan Penjualan Pakan Ternak

Muhibbuddin Rabbani, Zulfia K Abdussamad, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan sistem cash on delivery terhadap peningkatan penjualan pakan ternak di toko sahabat hobi kota gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi seluruh konsumen toko sahabat hobi sebanyak 5.102 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 98 orang. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan variabel X1 (Digital Marketing) berpengaruh terhadap Y (Peningkatan Penjualan) ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,924 > t tabel 1.986. dan variabel X2 (Cash On Delivery) berpengaruh terhadap Y (Peningkatan Penjualan) ditunjukkan dengan nilai t hitung 3.054 > t tabel 1.986. dan berdasarkan hasil penelitian uji f (simultan) menunjukkan bahwa f hitung 14.578 >f tabel 3,09. Hasil perhitungan koefisien determinasi nilai r Square sebesar 23,5%. Dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing dan Cash On Delivery berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Oleh karena itu melalui hipotesis peneliti teruji kebenarannya dan dapat diterima.

Keywords


Digital Marketing; Cash on Delivery

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. dan. (2012). penguasaan teknologi informasi. Universitas Dipanegoro:Semarang.

Adesy & Fordebi. (2016). Ekonomi Dan Bisnis Islam: Seni Konsep Dan Aplikasi Ekonomi Dan Bisnis Islam (Edi-1). Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Armiani, A. (2022). E-Commerce Berbasis Cash On Delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 668–676.

Awali. H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harini. (2020). Iptek Bagi Masyarakat Dan Pengembangan Marketing Online Pada Umkm Kabupaten Semarang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 701–706.

Icha. (2016). Implementasi Digital Marketing Dan Keunggulan Bersaing Untuk Mendukung Keberhasilan Umkm Di Kota Bandung. Jrak Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, Volume 6 N.

Ikit. (2018). Jual Beli Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kurniawati, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan, Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Umkm Di Kota Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).

Kusnandar, V. B. (2021). pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021. Annissa Mutia6. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia#:~:text=Berdasarkan data internetworldstats%2C pengguna internet,pengguna internet terbanyak di Asia.

Lestari, P. Dan Saifuddin, M. (n.d.). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (Manova), 3(2), 23–31.

Lodi Indonesia. (2021). Cash On Delivery. Lodi.Id. https://lodi.id/2021/07/01/arti-dari-cash-on-delivery-dan-5-keunggulannya-bagi-bisnis-online/

Pulungan, J. (2022). Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery (Cod) Pada E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Kelurahan Kampung Baru, Dumai Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Purwana, D., Rahmi, R. And Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–17.

Purwana Dedi. (2017). digital marketing. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, IV, 2. https://iblu-academy.co.id/materi-digital-marketing-gratis/

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.

Silviana, M. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone). Universitas Muhammadiyah Palopo.

Silviasari. (2020). Penyelesaian Sengketa Konsumen Dan Pelaku Usaha Dalam Transaksi E-Commerce Melalui Sistem Cash On Delivery. Jurnal Media Of Law And Sharia, 1(3).

Sucihati, R. N. Dan Aprilindia, R. E. (2019). Analisis Perilaku Konsumtif Melalui Belanja Online Pada Mahasiswa Program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Universitas Samawa. Universitas Samawa.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo