Pengaruh Strategi Diversifikasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Kentucky Fried Chicken (KFC) Jl. Hb Jassin Gorontalo

Jiartia Gobel, Irwan Yantu, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi diversifikasi dan citrak merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing KFC Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 84 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Diversifikasi dinilai hanya akan membuat perusahaan tidak fokus pada segmen bisnis bidang utamanya sehingga kinerjanya turun dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan diversifikasi. Citra merek terbukti berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Ini dikarenakan sejak dulu, KFC memang sudah di-branding sebagai gerai dengan sajian ayam goreng yang lebih unggul disbanding pesaingnya. Sehingga untuk bisa bersaing di Gorontalo, KFC hanya perlu mengandalkan citra merek saja. Strategi diversifikasi dan citra merek mampu mempengaruhi keunggulan bersaing KFC di Gorontalo secara simultan, yang berarti variabel strategi diversifikasi hanya mampu memberikan dukungan jika dikombinasikan dengan citra merek. Dari kesimpulan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk tetap mengupayakan diversifikasi dalam setiap produk KFC, tidak hanya di satu jenis produk saja. Sejatinya aspek ini dapat membentuk citra merek KFC sebagai gerai yang tidak hanya unggul pada sajian ayam goreng tetapi juga pada menu lainnya.

Keywords


Diversifikasi; Citra Merek; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Apriliani, Lydia. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan market share. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Budi, Januar Dwi. Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Selatan Malang. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Kadarningsih, Ana. Keunggulan bersaing: Faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampaknya pada kinerja Selling-In. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Pandensolang, Josiel Driand dan Hendra Tawas. 2015. Pengaruh Diferensiasi, kualitas produk, dan ekuitas merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Coca cola pada PT Bangun Wenang Beverages di Manado. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado

Purwanti, Andi Janna. 2015. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Membeli produk fashion pada Toko Issue di Makassar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Thariz, dkk. 2014. Pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Tulus, Laosma. 2006. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keunggulan bersaing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Medan. Thesis Universitas Diponegoro Semarang.

Fransisca Andreani, Tan Lucy Taniaji and Ruth Natalia Made Puspitasari, 2012. The Impact of Brand Image, Customer Loyalty with Customer Satisfaction as A Mediator in Mcdonald’s. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.14, NO. 1, MARET 2012: 63−70

Yashasvi Kanodia, 2020. The Impact of Product Diversification Strategy on Brand Loyalty: A Case Study. MERC Global’s International Journal of Management MERC Global’s International Journal of Management

Erida, E., & Rangkuti, A. S. (2017). The Effect Of Brand Image, Product Knowledge And Product Quality On Purchase Intention Of Notebook With Discount Price As Moderating Variable. Journal of Business Studies and Management Review, 1(1), 26-32. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v1i1.3919

Oladele Olajide Patrick, 2012. Product Diversification and Performance of Manufacturing Firms in Nigeria. European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol 4, No.7, 2012

Mohamad ichsan adjunu, Andi Juanna, Zulfia Abdussamad, 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Indonesia Persero Cabang Gorontalo. JAMBURA: Vol 4. No 3. 2022

Irwan yantu, Agus Hakri Bokingo, Zulkifli S Muhsana. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.PG Tolangohula Gorontalo. JAMBURA: Vol 5. No 1. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,2022

Abd Rahman Pakaya, Agus Hakri Bokingo, Nur Fadilah A Yusuf. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. JAMBURA: Vol 3. No 1. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2018.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo