Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Disaat Pandemi Covid-19 Pada Usaha Makanan Dikfood
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi berpengaruh terhadap perkembangan usaha makanan di masa pandemi covid-19, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi inovasi terhadap perkembangan usaha makanan Dikfood. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengunjungi usaha makanan Dikfood. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling sebanyak 96 konsumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner konsumen yang melakukan pembelian di usaha makanan Dikfood. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai t-hitung untuk variabel Strategi inovasi sebesar 4,009, dan telah diketahui sebelumnya nilai t tabel sebesar 1,661 jika dibandingkan maka nilai t hitung > dari nilai t tabel. Jika mengacu pada nilai signifikansinya, diketahui nilai signifikansi variabel Strategi inovasi sebesar 0,000 dan tingkat signifikansi yang dapat diterima sebesar 5% atau 0,05, atau dengan kata lain nilai signifikansinya masih jauh < dari nilai signifikasi (alpha). Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Strategi inovasi memiliki pengaruh terhadap Perkembangan usaha makanan Dikfood. Terlihat bahwa nilai R sebesar 0,382, dan nilai R square (R2) sebesar 0,146. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 15,2% dari variabel penelitian, dapat dijelaskan melalui seluruh variabel bebasnya. dengan kata lain bahwa Perkembangan usaha makanan Dikfood, sebesar 15,2% karena dipengaruhi oleh Strategi inovasi. Adapun lebihnya sebesar 84,8% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor (variabel) lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andani, N. G. A. K. M., & Ilmi, L. R. (2020). EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Doctoral Dissertation, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta).
Amalia, E. (2015). Kajian Penerapan Porter’s Generic Strategies Di Industri Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus: Telkomsel, XL Dan Indosat). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 2(1), 33-44.
Bryson, John M. (2001). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Budio, S. B. S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56-72.
Dessyana, Agnes, And Benedicta Prihatin Dwi Riyanti. "The Influence Of Innovation And Entrepreneurial Self-Efficacy To Digital Startup Success." International Research Journal Of Business Studies 10.1 (2017): 57-68.Http://Www.Journal.Prasetiyamulya.Ac.Id/Index.Php/Jurnalirjbs/Article/View/1260
Hatten, K. J. (1996). Strategic Groups, Asymmetrical Mobility Barriers, And Contestbility," Strategic Management Journal. . United States Of America: Elsevier Inc.
Hutami, R. P. (2012). Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 104-123.
Hinelo, R., & Niode, I. Y. (2022). Green Marketing SMEs Dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Masyarakat Desa Bongo Dan Desa Doulan Kecamatan Bokat Kab. Buol–Sulawesi Tengah. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 11(4).
Indriantoro Dan Supomo (2002): “Metode Penelitian”. Lamongan Dan Gresik. Http://Eprints.Umg.Ac.Id/84/3/BAB%20III.Pdf
Indris, Sofyan, And Ina Primiana. "Internal And External Environment Analysis On The Performance Of Small And Medium Industries Smes In Indonesia." International Journal Of Scientific & Technology Research 4, No. 4 (2015): 188-196.Http://Www.Downloadmaghaleh.Com/Wp-Content/Uploads/Edd/9936.Pdf
Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19-37.
LIA, FITRIANI. EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DIMASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 PADA DINAS KOPERASI DAN UKM POVINSI NTB. Diss. Universitas_Muhammadiyah_Mataram, 2021.
Lubis, M. S. (2015). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Pembentukan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan Dalam Rangka Peningkatan Kinerja. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(2), 75-84.
Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6).
Nawawi, Sophian, Rifki Muhammad Mufti, And Anak Agung Ayu Mega. "Pengaruh Strategi, Inovasi Dan Pengembangan UMKM Pada Bidang Kuliner Di Kota Bandung Pada Masa Covid-19." International Journal Administration Business & Organization 2.3 (2021): 23-30.
Niode, I. Y., & Hinelo, R. (2020). The determinant of the improvement of sales volume by small medium enterprises that sell processed food in Gorontalo Regency. Journal of the Community Development in Asia (JCDA), 3(2), 88-96.
Noersasongko, Ir Edi, M. Kom, And Pulung Nurtantio Andono. Kewirausahaan Perubahan Zaman: Ilmu Kosong, Tetapi Berisi-Muda, Juara, Dan Kaya Raya. Penerbit Andi, 2021.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.