Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Maqna By Prasanthi Kota Gorontalo

Fanessa Palantu, Hais Dama, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Maqna By Prasathi Kota Gorontalo dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebenayak 99 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) menunjukan bahwa variabel Kehandalan (Reability) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai t-hitung 607< t-tabel 1.985. Sedangkan variabel Bukti Langsung (Tangibles) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai t-hitung 3.495 > t-tabel 1.985. dan variabel Ketanggapan (Responsiveness) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai t-hitung 6.394 > t tabel 1.985. Hasil penelitian menunjukan f-hitung 192.949 > f-tabel 2.7004. artinya Kehandalan (Reabiliti), Bukti Langsung (Tangibles), dan Ketanggapan (Responsiveness) secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen Di Hotel Maqna By Prasanthi Kota Gorontalo.


Keywords


Kehandalan (Reability); Bukti Langsung (Tangibles); Ketanggapan (Responsiveness); Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Alfianti, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Bagian Rawat Jalan Puskesmas Bogor Utara (Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana).

Fermayani, R., Egim, A. S., & Atsarina, A. (2021). Pengaruh Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia. Jurnal Ecogen, 4(3), 327-335.

Kurniawan, A., Utomo, K. P., & Emita, I. (2018). Penerapan Motivasi Kerja Sebagai Ciri Kualitas Pegawai Untuk Mendorong Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Pelayanan Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 3(2), 95-105.

Siyam, F. F., & Chasanah, U. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dimediasi Kepuasan Pelanggan Jasa Servis (Studi Empiris Jasa Servis Komputer Di Three Media Computer Yogyakarta) (Doctoral Dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Widodo, J., & Zulianto, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 166-170.

Yamanop, A. V., & Muchlasin, A. N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Toilet Saga Mall Abepura Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo