Pengaruh Self Efficacy Dan Self Confidence Terhadap Kreativitas Pelaku Umkm Di Provinsi Gorontalo

Nurul Rahmatia Adju, Heldy Vanni Alam, Andi Yusniar Mendo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Self Efficacy dan Self Confidence berpengaruh terhadap kreativitas secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 100 sampel responden pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial efikasi diri berpengaruh terhadap kreativitas ditunjukan dengan nilai t hitung 2,849>1,290, sedangkan Self Confidence berpengaruh terhadap kreativitas dengan nilai r hitung 6,662>1,290. Sedaangkan hail penelitian uji F menunjukan F hitung 28,278< F tabel 3,94 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Self Efficacy dan Self Confidence secara simultan mempengaruhi kreativitas pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel self efficacy dan self confidence dalam menjelaskan variabel kreativitas sebesar 0,368 atau 36,8% masuk kategori sedang, 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel self esteem, self concept, inovasi produk, strategi pemasaran.

 


Keywords


Self Efficacy; Self Confidence; Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Andi Hendrawan, Ferri Kuswantoro, Hari Sucahyawati, 2019. Dimensi Kreativitas Dan Pengembangan Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi). Vol 2, No 1

Bunga Aditi, H.M. Hermansyur, 2017. Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Tools. Vol 7, No 1

Dewi, Rahma Puspa, 2021. Pengaruh Media Sosial Dan Rasa Percaya Diri (Self Confidence) Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis USU.

Efendi Febriansyah, Muhajirin, 2020. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha UKM Tenun Motif Renda Kota Bima. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan. Vol 2, No 2

Ernani Hadiyati, 2012. Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan. Vol 1, No 3

Fariyatus Sa’adah, Ettie Rukmigarsari, Tri Candra Wulandari, 2021. Pengaruh Self Confidence Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal penelitian, pendidikan, dan pembelajaran . Vol 16, No 12

Fitriani Kadir, 2018. Pengaruh Self Action Dan Self Efficacy Terhadap Krativitas Mahasiswa Dalam Kegiatan Praktikum Fisika Dasar Jurusan Pendidikan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 6, No 3

Garaika, Helisia Margahana, 2019. Self Efficacy , Self Personality And Self Confidence On Entrepreneurial Intention : Study On Young Enterprises. Jurnal Of Entrepreneurship Education. Vol 22, No 1

Gelmar Garcia Vidal, Alexander Sanchez Rodriguez, Rey Perez Campdesuner and Rodobaldo Martinez Vivar, 2019. The Impact Of Self Confidence, Creativity And Vision On Leadership Performance: Perceptions At Ecuadorian Smes Owner/Managers. Serbian Journal Of Management. Vol 14, No 2

H. Mochamad Edwar Romli, 2019. Kreativitas dan Inovasi Dalam Pemasaran Untuk Mempertahankan Dan Mengembangkan Kinerja Merek. Jurnal Media Wahana Ekonomika. Vol 16, No 3

Herdiyanti, Muslim Wijaya, dan Teddi Pribadi, 2021. Pengaruh Self Confidence Dan Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Karyawan Pada PTPN IV Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol 2, No 2

Indria, 2021. Pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Transformasi Digital Terhadap Kewirausahaan UMKM Di Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPM). Vol 8, No 2

Juniaty Ismail, 2021. Analisis Dampak Covid 19 Pada UMKM PROVINSI GORONTALO. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. Vol 10, No 2

Kamila, A. S., Alda Septiliani, Sri Suwarsi, and Rusman Frendika, 2020. Pengaruh Self Efficacy Dan Self Confidence Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Penjualan PT. Unza Vitalis Bandung. Prosiding Manajemen, Vol 6, No 1

Leon Agustina. 2020. Hubungan Self Confidence Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2016 IAIN Bukittinggi.IAIN BUKITTINGGI

Maskarto Lucky Nara Rosmadi, 2021. Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol 4, No 2

Parwisagita, A. S, 2021. Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Terhadap Keinginan Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Ngawi. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Punto, S., 2013. Pengaruh Kreativitas Dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ratno Purnomo, Sri Lestari, 2010. Pengaruh Kepribadian, Self Efficacy , Dan Locus Of Control Terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil Dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol 17, No 2

Rr Ponco Dewi Karyaningsih, Agus Wibowo, 2017. Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Vol 5, No 2

Tamia Septiani, Muhammad Abdussalam Hudanagara, Heris Hendriana, Ika Wahyu Anita, 2018. Pengaruh Self Confidence Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 1, No 2




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo