Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan M-Banking (Studi Pada Bank BNI Cabang Gorontalo)

Mohammad Andika Tobuhu, Rizan Machmud, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi adalah nasabah bank BNI Cabang Gorontalo pengguna Mobile Banking yang diambil sampelnya sebanyak 96 orang dengan rumus penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pegambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Secara parsial Kemudahan berpengaruh terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking. 2) Secara parsial Kepercayaan berpengaruh terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking. 3) Sedangkan secara simultan Kemudahan Dan Kepercayaan TerhadapSikap Penggunaan Mobile Banking.

Keywords


Kemudahan; Kepercayaan; Sikap Penggunaan Mobile Banking

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. (2017). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri. 1–182.

Anderson, E., & Weitz, B. (1989). Determinants of continuity in conventional industrial channel dyads. Marketing Science, 8(4), 310–323.

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in e-Commerce Settings.pdf.crdownload. Journal of the Association for Information Systems, 3(1), 27–51. https://pdfs.semanticscholar.org/00f2/f77fe6480f66c2982010a091e8c76c61b7ff.pdf

Khadijah, & Janrosl. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Fintech Menggunakan Tam (Technology Acceptance Model) Di Kota Batam. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 72–83.

Kotler dan Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4(4), 341–370. https://doi.org/10.1023/A:1009886520142

Martono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Sekunder (raja G. Persada (ed.)). Rajawali Pers.

Rahayu, P. P. (2019). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi kenyamanan terhadap minat penggunaan mobile banking (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta).

Suranto. (2020). Pengaruh Work From Home Terhadap Kinerja Pada KPPN Nabire KPPN Jayapura DAN KANWIL DJPB Provinsi Papua. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(2), 1174–1185.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo